SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintasi Jembatan Amblo, Lingkungan Ngasinan, Kelurahan Mlokomanis Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Kamis (21/8/2014). (Trianto Hery S./JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI – Arus lalu lintas di jalan alternatif lintas kabupaten terancam putus menyusul ambrolnya landasan Jembatan Amblo di Dusun Ngasinan, Kelurahan Mlokomanis Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri.

Jalur tersebut merupakan jalur alternatif warga Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri menuju Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, Kamis (21/8/2014), landasan jembatan ambrol sejak April 2014. Jembatan tersebut dibangun sekitar 1970-an dan belum pernah direnovasi.

Ekspedisi Mudik 2024

Ambrolnya landasan jembatan diduga karena bahan baku jembatan tanpa semen sehingga mudah rapuh. Riyan, 19, warga Dusun Lalung, Desa Jatimarto, Kecamatan Ngadirojo, mengaku nekat melintas jembatan menuju lahan persawahan.

“Jalur tersebut merupakan jalur pintas. Jika tidak segera diperbaiki, saya meski menempuh jarak lima kilometer hingga tujuh kilometer memutar jalan menuju lahan persawahan.”

Camat Ngadirojo, Agus Hendradi didampingi pegawai UPTD DPU Kecamatan Ngadirojo, Hartono, mengatakan rehab tidak bisa dilakukan karena kondisi jembatan sudah rapuh.

“Ya, renovasi total. Dibangun jembatan baru karena kondisi jembatan yang lama sudah rapuh,” kata dia.

Kepala DPU Wonogiri, Sri Kuncoro, mengatakan, volume Jembatan Amblo memiliki panjang sekitar delapan meter, lebar lima meter dan tinggi 7,5 meter. Menurutnya, jembatan itu bisa dikerjakan tahun ini karena telah dialokasikan anggaran senilai Rp348 juta. Dana itu diambilkan dari sektor rehab rekonstruksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya