Jemaah An Nadzir Mulai Berpuasa Sabtu Besok
Jemaah An Nadzir di Gowa Sulawesi Selatan./Liputan6.com

Solopos.com, GOWA - Hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini jemaah An Nadzir yang bermukim di Perkampungan Danau Mawang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan kembali menunaikan ibadah puasa Ramadan lebih awal daripada keputusan pemerintah. Sementara Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan pada Senin (6/5/2019).

Jemaah yang dikenal dengan identitas rambut gondrong dan berambut pirang serta berpakaian serbahitam tersebut mulai berpuasa pada Sabtu (4/5/2019)  . Meski puasa pada hari itu, mereka kategorikan sebagai puasa penyambutan Bulan Suci Ramadan.

"Kalau 1 Ramadan itu jatuhnya pada Ahad, 5 Mei 2019 tepatnya pukul 14.00 Wita. Di situ kami puasa full," kata Sekretaris Jenderal Jemaah An Nadzir, Ustadz M. Samiruddin Pademmui, di Kabupaten Gowa,  Jumat (3/5/2019), sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Menurutnya, penetapan puasa Ramadan tersebut disimpulkan dalam musyawarah tim sembilan berdasarkan keilmuan yang didapatkan dari para imam Jemaah An Nadzir sebelumnya.

"Parameternya banyak. Di antaranya menggunakan ilmu pengamatan terhadap bulan dan pasang air laut," kata Samiruddin.

Pengamatan terhadap bulan, kata dia, telah dilakukan pihaknya sejak awal bulan Rajab hingga bulan Syakban. "Malah untuk mempermantap putusan yang telah melalui proses mengamati pemisahan bulan itu, tim juga hingga saat ini mengamati kapan terjadinya puncak pasang air laut," terang Samiruddin sembari memastikan 1 Ramadan jatuh pada Sabtu pukul 14.00 Wita.

Seperti diketahui, kelompok An-Nadzir yang awalnya bernama Majelis Jundullah itu hingga saat ini menetap terpisah dari permukiman masyarakat Kabupaten Gowa pada umumnya. Mereka membuat perkampungan sendiri di daerah Danau Mawang yang juga terbilang sebagai salah satu danau yang memiliki histori perjalanan penyiaran Islam di daerah Kabupaten Gowa.

Dalam bertahan hidup, mereka yang jumlahnya diperkirakan mencapai ribuan orang itu memilih bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan subur di kawasan Danau Mawang.

Avatar
Editor:
Syifaul


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom