SOLOPOS.COM - Jemaah An-Nadzir Gowa (Detikcom/Amang).

Solopos.com, GOWA -- Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melaksanakan salat Iduladha besok, Kamis (30/7/2020). Penghitungan Iduladha itu berdasarkan metode pemantauan bulan dan pasang air laut.

Pimpinan jemaah An-Nadzir Gowa, Samiruddin Panemmui, mengatakan pihaknya telah menetapkan masuknya bulan Dzulhijjah 1441 Hijriyah pada 20 Juli lalu. Penetapan itu berdasarkan keputusan Tim 7 yang bertugas memantau tanda-tanda pergantian bulan.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Tanda-tanda itu berupa pergerakan bulan dan tinggi rata-rata pasang air laut di pantai beberapa daerah di Sulsel.

"Esok pagi, Insya Allah sekitar 500 anggota jemaah akan salat Iduladha di Masjid Baitul Muqaddis. Kita yakini esok sudah memasuki 10 Dzulhijjah," ujar Ustaz Samiruddin, sebagaimana dikutip dari Detik.com, Rabu (29/7/2020).

Sempat Sepi, Lapak Bakso Pak Min Solo Kini Diserbu Pembeli, Begini Ceritanya

Samiruddin menjelaskan pelaksanaan salat Iduladha dan kurban di perkampungan Mawang, Kelurahan Romang Polong, telah dikoordinasikan pada pihak Polsek Bontomarannu dan aparat kantor camat setempat.

Pelaksanaan salat Id juga digelar dengan protokol kesehatan untuk mencegah persebaran virus Corona SARS-CoV-2 di lingkungan jemaah An-Nadzir.

Seperti diketahui, komunitas jemaah An Nadzir ini membentuk perkampungan mandiri di sekitar Danau Mawang. Mereka hidup dengan mengandalkan dari hasil pertanian dan perikanan air tawar.

Jemaah prianya, identik dengan rambut gondrong pirang, serta pakaian hitam. Sedangkan, jemaah perempuannya menggunakan jilbab besar dan bercadar.
Mereka mulai bermukim di Gowa sekitar awal tahun 2000-an dan tidak menutup diri dengan warga di luar perkampungannya.

Tambah Lagi, Nakes RSUD Wonogiri Terkonfirmasi Positif Covid-19 Jadi 36 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya