SOLOPOS.COM - Dua petenis top dunia yang juga menjadi juara US Open tahun lalu Marin Cilic (kiri), siap berlaga bersama petenis Jepang Kei Nishikori yang tahun lalu sebagai runner up. Ist/centrecourt.com.au

Jelang US Open 2015 sejumlah petenis top dunia telah siap menyemrakkan turnamen tenis seri grand slam paling menarik ini. Mereka di antaranya adalah Mrin Cilic dan Kei Nishikori.

Solopos.com, NEW YORK—Marin Cilic dan Kei Nishikori siap menggebrak Grand Slam US Open seperti musim lalu. Kembali memegang raket setelah dibekap cedera, dua petenis papan atas dunia itu bertekad mengulang kesuksesan serupa dalam ajang yang bergulir akhir Agustus mendatang.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Musim 2014 baik Cilic maupun Nishikori tiba di New York tanpa punya ekspektasi tinggi. Apalagi mereka hadir bukan sebagai petenis favorit yang diunggulkan. Sebelum menjuarai US Open 2014, prestasi terbaik Cilic adalah finis sebagai semifinalis Australian Open 2010. Sedangkan sang runner up, Nishikori, hanya mampu sampai perempat final di Australian Open 2012. Selain itu, Cilic berstatus unggulan ke-14, sementara Nishikori ke-10.

Tapi, kedua petenis muda dunia itu menyuguhkan kejutan luar biasa di lapangan. Petenis Jepang, Nishikori mendepak Novak Djokovic di semifinal. Sedangkan Cilic mengeliminasi Roger Federer.

“Kami berdua sama-sama gugup saat itu. Memenangkan gelar sebesar itu selalu meninggalkan jejak yang luar biasa. Saya jadi lebih percaya diri. Memang tak mudah mengulang hal serupa, namun mental saya makin kuat,” terang Cilic, dilansir Sports.yahoo.com, Selasa (25/8/2015).

Cilic mengalahkan Nishikori demi mengklaim diri sebagai petenis Kroasia pertama yang berhasil menjuarai grand slam sejak Goran Ivanisevic yang juara Wimbledon 2001. Sementara Nishikori menjadi petenis pertama asal Jepang yang bisa tampil di semifinal grand slam sekaligus menjadi petenis Asia pertama yang menembus final tenis level ini.

“Saya belajar banyak hal. Saya makin percaya diri setelah mengalahkan Novak dan petenis top lain. Secara mental saya lebih kuat dan yakin akan kemampuan diri sendiri,” ungkap Nishikori yang kini bertengger di peringkat keempat dunia.

Nishikori membukukan catatan yang impresif dengan merebut tiga gelar di musim 2015. Hanya, petenis berusia 25 tahun ini punya musuh besar, yakni cedera. Ia absen di Wimbledon 2015 lantaran cedera betis kiri lalu menarik diri dari Cincinnati Masters karena sakit pada bagian pinggul.

“Dia tak perlu rencana untuk bisa mengalahkan musuh. Saat ia bermain normal pun sudah sangat bagus. Saat ia di baseline, backhand yang ia lakukan adalah kelas dunia. Dia petenis cepat dan sangat bertalenta,” puji John Isner.

Sementara itu, Cilic juga sempat direcoki cedera. Petenis nomor sembilan dunia ini bermasalah dengan bahu kanan yang membikin ia tak pernah menang hingga April lalu. Cedera ini membikin petenis berusia 26 tahun itu batal unjuk  gigi di Australian Open 2015. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya