Tutup Iklan
Ketua Panitia UNBK SMA/MA/SMALB Cabdindik Wilayah X Jateng Yuniarso K. Adi. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, PURWOKERTO — Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Tengah mengecek infrastruktur jaringan Internet menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA, MA, dan SMALB di Kabupaten Banyumas dan Cilacap,  Jateng.

"Alhamdulillah tadi malam semua server sudah sinkron dengan aplikasi pusat. Jadi, mudah-mudahan besok pagi sudah tidak ada masalah," kata Ketua Panitia UNBK SMA/MA/SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jateng Yuniarso K. Adi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (30/3/2019).

Ia mengatakan seluruh SMA/MA/SLB di Kabupaten Banyumas maupun Cilacap sudah seluruhnya mengikuti UNBK yang akan dilaksanakan pada 1, 2, 4, dan 8 April 2019. Bahkan, kata dia, pelaksanaan UNBK di daerah-daerah pelosok, seperti SMA Negeri 1 Kampung Laut di kawasan laguna Segara Anakan, Kabupaten Cilacap dapat dipastikan tidak terkendala oleh jaringan internet.

"Mereka [SMA Negeri 1 Kampung Laut] bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyewa antena [guna memperkuat jaringan Internet]. Ini karena dengan adanya dana BOS, sekolah punya banyak kesempatan untuk mengembangkan dananya," katanya.

Dia mengatakan penggunaan antena juga dilakukan oleh sekolah-sekolah yang internetnya masih mengandalkan jaringan nirkabel, seperti di Kecamatan Bantarsari dan Kawunganten, Kabupaten Cilacap. Ia mengatakan kebutuhan jaringan internet bagi sekolah tidak hanya untuk kebutuhan UNBK, juga untuk kegiatan belajar mengajar, termasuk pengisian e-rapor dan sebagainya.

Berdasarkan data Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jateng, UNBK SMA/MA/SMALB di Kabupaten Banyumas akan dilaksanakan di 55 SMA/MA dengan total peserta 7.006 siswa serta di dua SMALB dengan jumlah peserta enam siswa penyandang tunarungu. Seluruhnya merupakan penyelenggara UNBK mandiri.

Di Kabupaten Cilacap, UNBK SMA/MA diselenggarakan di 66 SMA/MA dengan jumlah peserta 7.502 siswa dari 67 SMA/MA karena MA Muhammadiyah Majenang dengan jumlah 16 siswa menumpang di MAN Majenang. Untuk UNBK SMALB, dari lima sekolah luar biasa (SLB) di Kabupaten Cilacap, hanya satu SLB yang menyelenggarakan UNBK SMALB, yakni SLB Negeri Cilacap dengan jumlah peserta tiga siswa tunarungu, sedangkan di empat SLB lainnya tidak ada siswa kelas XII sehingga tidak menyelenggarakan UNBK.

http://semarang.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten