SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)--Menjelang tahun ajaran baru (TAB), aksi gadai barang yang terjadi di Perum Pegadaian Cabang Sukoharjo meningkat. Kondisi itu diperkirakan lantaran banyak masyarakat yang membutuhkan segar untuk biaya sekolah.

Kepala Cabang Pegadaian Sukoharjo Thomas Praptomo mengatakan, peningkatan aksi gadai barang mulai terjadi sejak dua pekan terakhir atau awal Juni dengan peningkatan berkisar 15%-20%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Di banding hari biasa, sejak dua pekan terakhir sudah ada peningkatan. Rata-rata nasabah butuh dana cepat untuk persiapan masuk sekolah dan tahun ajaran baru,” ujarnya kepada Espos, Kamis (10/6) di kantornya.

Dia mengatakan, jika pada kondisi normal, nilai kredit hanya mencapai Rp 1,8 miliar per bulan. Namun, sejak adanya tren tahun ajaran baru, nilai kredit dari aksi gadai barang per tanggal 9 Juni mecapai sekitar Rp 900 juta.

“Saat ini penerimaan siswa baru belum mulai, tapi penerimaan untujk program RSBI sudah mulai. Kami mencatat di awal bulan saja transaksi kredit sudah tinggi mencapai Rp 900 juta. Kami prediksi hingga akhir bulan nilai kredit mencapai Rp 2 miliar atau bisa meningkat sebesar 25%,” katanya.

Thomas memprediksi, puncak peningkatan aksi gadai barang akan terjadi akhir Juni. Untuk itu, pihaknya mengaku telah mempersiapkan dana tambahan.

“Berapapun dana yang dibutuhkan kami siap, apalagi dari pusat juga siap mendukung, yang jelas selama tahun ajaran baru ini kami akan maksimalkan transaksi gadai termasuk di tiga UPC yang ada di Sukoharjo,” katanya.

Sebagian barang yang digadaikan, menurutnya merupakan barang perhiasan atau emas. Terlebih, katanya, harga emas saat ini cenderung tinggi.

“Saat ini sebagian nasabah sudah menggadaikan emas bukan barang gudang lagi, karena dari jauh-jauh hari kami sdah mengimbau sebaiknya menginves emas,” katanya.

ufi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya