Jelang Sidang Kode Etik, Lili Pintauli Mundur sebagai Wakil Ketua KPK?

Sidang kode etik terhadap Lili terkait penerimaan fasilitas akomodasi hotel hingga tiket menonton ajang balap MotoGP 2022.

 Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar (tengah) bersama Puteri Indonesia 2020 Roro Ayu Maulida Putri (kanan) memberikan keterangan pers usai mendampingi Finalis Putri Indonesia 2022 yang berkunjung ke Gedung Merah Putih KPK di Jakarta, Selasa (24/5/2022). Kunjungan 45 Finalis Putri Indonesia 2022 itu merupakan rangkaian dari pembekalan terkait nilai-nilai antikorupsi dan KPK mengajak Finalis Puteri Indonesia mengkampanyekan program antikorupsi. ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj.

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar (tengah) bersama Puteri Indonesia 2020 Roro Ayu Maulida Putri (kanan) memberikan keterangan pers usai mendampingi Finalis Putri Indonesia 2022 yang berkunjung ke Gedung Merah Putih KPK di Jakarta, Selasa (24/5/2022). Kunjungan 45 Finalis Putri Indonesia 2022 itu merupakan rangkaian dari pembekalan terkait nilai-nilai antikorupsi dan KPK mengajak Finalis Puteri Indonesia mengkampanyekan program antikorupsi. ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar diterpa isu pengunduran diri menjelang sidang etik terhadap dirinya pada 5 Juli 2022.

Sidang kode etik terhadap Lili terkait penerimaan fasilitas akomodasi hotel hingga tiket menonton ajang balap MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, NTB, beberapa waktu lalu.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Lili Pintauli mendapatkan fasilitas itu dari salah satu BUMN.

“Sidang etik bagi LPS (Lili Pintauli Siregar) dijadwalkan tanggal 5 Juli 2022,” kata Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Syamsuddin Haris di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Aliansi Anti-Korupsi Desak Dewas KPK Pecat Lili Pintauli

Dewas KPK telah mengumpulkan bahan keterangan dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi atas dugaan pelanggaran etik Lili tersebut, salah satunya dari pihak PT Pertamina (Persero).

Sebagaimana peraturan Dewas KPK, sidang dugaan pelanggaran etik digelar secara tertutup sedangkan pembacaan putusan akan disampaikan secara terbuka.

Lili pernah dijatuhi sanksi berat berupa pemotongan gaji pokok sebesar 40 persen selama 12 bulan karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku berupa menyalahgunakan pengaruh selaku pimpinan KPK untuk kepentingan pribadi dan berhubungan langsung dengan pihak yang perkaranya sedang ditangani KPK, yakni Wali Kota Tanjungbalai M. Syahrial.

Baca Juga: Terima Fasilitas Wah MotoGP Mandalika, Ini Profil Lili Pintauli Siregar

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan sampai saat ini Lili Pintauli Siregar belum mengonfirmasi mengenai isu pengunduran dirinya dari lembaga antirasuah tersebut.

“Informasi yang kami peroleh sampai dengan saat ini, pimpinan KPK Ibu Lili Pintauli Siregar belum mengonfirmasi perihal tersebut,” kata Ali di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan saat ini Lili masih masih berkonsentrasi menjalankan tugasnya serta agenda-agenda penugasan lainnya untuk beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Lili Pintauli Dihukum Potong Gaji, KPK: Permasalahan Selesai

Selain itu, kata dia, KPK tetap mendukung proses penegakan etik yang sedang berlangsung di Dewan Pengawas (Dewas) KPK sebagaimana tugas dan kewenangan yang diatur pada Pasal 37B Undang-Undang (UU) KPK.

“Kami menyakini penegakan Kode Etik insan komisi adalah bagian dari upaya penguatan pemberantasan korupsi yang dilaksanakan oleh KPK,” ujar Ali.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Baku Tembak ala Ferdy Sambo: Tembakkan Pistol Brigadir J ke Dinding

      Ferdy Sambo juga yang merekayasa seolah-olah terjadi baku tembak di rumahnya tersebut.

      31 Polisi Terlibat Rekayasa Kasus Brigadir J, 11 Orang Disel Khusus

      Ferdy Sambo juga yang merekayasa seolah-olah terjadi baku tembak di rumahnya tersebut.

      Motif Pembunuhan terhadap Brigadir J Masih Misterius

      Meski Ferdy Sambo sudah ditetapkan tersangka namun motif penembakan ajudan yang disayanginya itu masih gelap. 

      Pasal Pembunuhan Berencana, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

      Ferdy Sambo dijerat Pasal 340 KUHP jo Pasal 338 jo Pasal 55 jo Pasal 56 tentang Pembunuhan Berencana yang dilakukan bersama-sama.

      Jadi Tersangka, Ferdy Sambo Perekayasa Kematian Brigadir J

      Ferdy Sambo juga yang merekayasa seolah-olah terjadi baku tembak di rumahnya tersebut.

      Kali Keempat, Presiden Minta Kapolri Tegas Tangani Kasus Brigadir J

      Kapolri diminta tidak takut mengungkap kasus itu siapapun yang bersalah karena Presiden Jokowi berada di belakangnya.

      Aturan Baru Tarif Ojek Daring Kemenangan Tidak Ideal Pengemudi Gig

      Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah menerbitkan regulasi terbaru untuk mengatur tarif ojek daring (online).

      Kuasa Hukum Brigadir J: Putri Sambo Sehat, yang Terguncang Pengacaranya

      Dalam beberapa kali kesempatan pengacara Putri Sambo menyatakan bahwa istri Ferdy Sambo itu jiwanya terguncang sehingga tidak bisa menjalani pemeriksaan.

      Ferdy Sambo Diperiksa Komnas HAM Hari Kamis

      Komnas HAM RI akan meminta keterangan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo terkait kasus meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), pada Kamis (11/8/2022).

      Curhat Pilu Keluarga Bharada E Tersangka Pembunuhan Brigadir J

      Keluarga Richard Eliezer Pudihang Lumiu tidak menyangka Bharada E tersandung kasus pembunuhan ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Brigadir J.

      2 Rumah Ferdy Sambo Dijaga Ketat Pasukan Brimob Bersenjata Lengkap

      Personel Brimob Polri bersenjata lengkap berjaga di sekitar rumah Irjen Pol Ferdy Sambo, Selasa (9/8/2022) sore.

      Bak Film Hollywood! Kasus Pembunuhan Brigadir J Disorot Media Asing

      Kasus pembunuhan ajudan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Brigadir J, disoroti media asing karena seperti film Hollywood.

      ITNY Ciptakan Mesin Suwir Daging untuk UMKM Ganing Bantul

      Berangkat dari permasalahan yang dihadapi UMKM Ganing Bantul, ITNY pun menciptakan mesin untuk suwir daging.

      Sosok Pengacara Istri Ferdy Sambo Sarmauli Simangunsong

      Inilah sosok Sarmauli Simangunsong, pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

      Istri Ferdy Sambo Muncul, Pengacara Brigadir J: Kok Hitam Tak Terawat?

      Pengacara keluarga Brigadir J menyebut sosok istri Ferdy Sambo yang muncul di Mako Brimob berbeda dengan foto yang beredar di media sosial selama ini.

      Pengacara Brigadir J Curiga Bukan Istri Ferdy Sambo yang Muncul, tapi..

      Pengacara Brigadir J mencurigai wanita yang muncul di Mako Brimob bukan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.