SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Menjelang pelaksanaan sensus penduduk 2010, sebanyak 1.112 petugas lapangan telah dibentuk. Sensus yang dipakai untuk meneropong karakteristik dan potensi masing-masing daerah tersebut akan digelar mulai 1-31 Mei 2010 nanti.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, Toto Desanto menjelaskan, sensus penduduk kali ini akan berbeda dengan sensus penduduk sepuluh tahun lampau. Saat ini, sensus akan menggunakan koordinator tim di mana masing-masing tim terdiri tiga orang. “Kalau dulu kan dilakukan oleh orang secara pribadi. Sekarang memakai tim yang terkoordinir,” jelasnya kepada Espos, Rabu (13/1).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih jauh dia menjelaskan, masing-masing tim petugas akan memiliki wilayah jangkauan kerja sebanyak enam hingga sembilan blok atau dengan jumlah rata-rata penduduk 80-120 jiwa per blok. Dengan kata lain, masing-masing petugas memiliki jangkauan area dua blok. “Jumlah petugas dan ketentuan ini sudah berdasarkan dari kebutuhan yang ada di Provinsi Jateng,” terangnya.

Perbedaan selanjutnya ialah terkait pertanyaan yang akan diajukan kepada warga. Menurut Toto, jika pertanyaan yang diajukan dulu hanya sekitar belasan, maka kali ini sangat banyak dengan sekian varian.

asa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya