SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PURWOKERTO — Harga bawang putih eceran di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjelang Ramadan 1440 H, masih bertahan tinggi, yakni Rp65.000/kg hingga Rp70.000/kg.

“Sejak tiga hari ini makin naik dari sekitar Rp60.000/kg menjadi sekitar Rp65.000/kg hingga Rp70.000/kg,” kata salah seorang pedagang di Pasar Manis Purwokerto, Turinah, 42, di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (4/5/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harga bawang merah, kata dia, sekitar Rp40.000/kg. Cabai rawit Rp30.000/kg, cabai merah Rp28.000/kg, dan cabai hijau Rp28.000/kg.

Ekspedisi Mudik 2024

Seorang pedagang lainnya di Pasar Manis, Tari, 33, mengatakan sudah hampir dua pekan lebih harga bawang putih terus mengalami kenaikan. “Kalau harga normalnya sekitar Rp35.000/kg hingga Rp45.000/kg namun sudah dua pekan lebih ini harganya terus naik dan sekarang sudah sekitar Rp65.000/kg hingga Rp60.000/kg, mungkin karena mendekati bulan Ramadan,” katanya.

Kendati demikian, kata dia, tidak ada masalah dengan ketersediaan, baik bawang merah maupun bawang putih. “Kalau stok dari distributor selalu ada tidak ada masalah hanya harganya saja yang mengalami kenaikan,” katanya.

Kendati mengalami kenaikan, kata dia, minat masyarakat membeli bawang putih masih tetap tinggi. “Ramai yang beli bawang putih meskipun harganya naik mungkin untuk persediaan menyambut Bulan Puasa,” katanya.

Tati, 60, warga Perumahan Graha Mustika, Jalan Dokter Angka, Purwokerto, mengaku tetap membeli bawang putih di Pasar Manis kendati harganya masih bertahan tinggi guna memenuhi kebutuhan dapur menjelang Bulan Puasa. Hanya saja, dia berharap, harga bawang putih segera berangsur normal dan tidak semakin mahal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya