Solopos.com, KLATEN — Puncak tradisi sebaran apam Yaa Qawiyyu akan digelar di Lapangan Klampeyan, Jatinom, Klaten pada Jumat (16/9/2022). Menjelang puncak acara Saparan, kawasan Lapangan Klampeyan, tempat sebaran apam terus bersolek.

PromosiJaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sejumlah pekerja selama beberapa hari terakhir melakukan pengecatan serta pembenahan menara untuk sebaran apam. Ada dua menara di lapangan tersebut yang dicat lagi dengan kombinasi warna hijau, kuning, dan merah. Menara memiliki panjang dan lebar masing-masing 3 meter x 3 meter dengan tinggi tempat para santri membagikan apam sekitar 6 meter.

Sementara itu, rangkaian kegiatan menyambut tradisi itu sudah dimulai pada Kamis (8/9/2022). Ada berbagai kegiatan yang digelar guna menyambut puncak tradisi itu. Beberapa kegiatan di antaranya semakan Al Qur’an bil gaib dan khataman, Kamis (8/9/2022) pagi. Pembukaan diisi dengan ziarah, tahlil, zikir, dan doa bersama, Kamis sore.

 

Pekerja mengecat menara di Lapangan Klampeyan Jatinom untuk menyambut persiapan menyambut puncak tradisi sebaran apam Yaa Qawiyyu, Rabu (7/9/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Pekerja memperbaiki lantai tempat sebaran apam di Lapangan Klampeyan, Kecamatan Jatinom guna menyambut tradisi sebaran apam Yaa Qawiyyu, Rabu (7/9/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Lapangan Klampeyan Jatinom, Klaten tempat menggelar tradisi tahunan sebaran apam Yaa Qawiyyu tengah bersolek, Rabu (7/9/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi