SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Oriza Vilosa)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Oriza Vilosa)

SUKOHARJO–Warga di sejumlah desa di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, diminta untuk menjaga kondusivitas, terutama menjelang pemilihan kepala desa di beberapa desa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Camat Kartasura, Bachtiar Zunan, mengatakan ada dua desa di Kecamatan Kartasura yang dalam waktu dekat akan menggelar pemilihan kepala desa. Kedua desa itu yakni Desa Pabelan dan Desa Gonilan.

“Kondusivitas wilayah ini sangat penting. Biasanya ada sejumlah oknum yang melempar isu yang berkaitan dengan salah satu kandidat yang dicalonkan jadi kepala desa,” ujar Zunan saat ditemui Solopos.com, Jumat (14/9/2012).

Ia mengimbau kepada warga agar tidak termakan isu-isu yang dengan cara lansung atau tidak langsung menyudutkan salah satu calon kandidat. “Tensinya warga itu sangat tinggi kalau mendekati pilkades,” terangnya. Karena itu, sambung dia, warga diminta untuk lebih berhati-hati dengan segala informasi yang belum tentu benar. Terlebih lagi jika informasi yang diterima warga itu berpotensi menimbulkan konflik di lingkungan setempat serta bisa memecah belah kesatuan warga.

Di Desa Pabelan, misalnya, ia menyebut lebih kurang dua bulan lagi akan digelar pilkades. Ia meminta kepada para calon dan para pendukung calon untuk berkompetisi secara fair dan tidak melempar isu yang tidak jelas benar tidaknya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sukoharjo, Haryanto, saat menghadiri halalbihalal di Balaidesa Singopuran, Kecamatan Kartasura, mengatakan sebisa mungkin percikan-percikan masalah kecil di internal warga diselesaikan secara internal. Bila masalah kecil tidak terselesaikan, maka akan berpotensi menjadi masalah besar. Masalah-masalah itu, kata dia, bukan hanya terjadi di Kecamatan Kartasura, melainkan juga di daerah lain di Sukoharjo. Ia mengatakan momen halalbihalal seharusnya bisa menjadi wadah untuk saling bermaafan, menghilangkan dendam dan mendinginkan kepala untuk menyelesaikan masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya