SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Ist)

PATUK-Ratusan warga Kecamatan Patuk, Gunungkidul, beserta kepolisian setempat menggelar mujahadah dan doa bersama di Mapolsek Patuk, Kamis (7/2/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara tersebut digelar jelangpemilihan kepala desa (pilkades), Juni mendatang. Selain pilkades, pemilihan kepala dusun (Pilkadus) di beberapa desa di Patuk juga akan digelar, 19 Februari mendatang.

Camat Patuk Budi Hartono mengatakan gelaran Pilkades di wilayahnya akan dimulai dari Desa Nglegi, Desa Bunder dan Desa Patuk. Agar pesta demokrasi tersebut berjalan lancar, panitia harus sudah terbentuk minimal 3 bulan sebelum pemilihan. Persiapan yang matang untuk pilkades diperlukan mengingat animo masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pilkades dan pilkadus sangat tinggi.

“Pemilihan kepala desa dan kepala dukuh ini sudah mengakar di masyarakat. warga yang di perantauan pun bisannya menyempatkan diri untuk pulang. Berbeda dengan pileg atau pilpres,” katanya.

Sementara sejumlah unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Patuk bersama dengan kepolisian langsung melakukan pengecekan terhadap sejumlah pos kampling di kawasan tersebut.

Kapolsek Patuk Kompol Hari Triana mengatakan, keberadaan pos kampling perlu ditingkatkan, demi menjaga keamanan warga. Dia juga meminta kepada piket pos kamling untuk melaporkan setiap ada kejadian apa pun yang ditemuinya saat jaga.

“Keamanan dan ketertiban merupakan kebutuhan kita semua,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya