SOLOPOS.COM - Penyerang Atletico Madrid kelahiran Brazil, Diego Costa. (dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, MADRID–Penyerang Atletico Madrid kelahiran Brazil, Diego Costa, mengakhiri spekulasi panas terkait tim nasional yang akan dibelanya hanya delapan bulan jelang Piala Dunia 2014.

Penyerang 25 tahun itu dilaporkan telah memilih Spanyol dibandingkan bergabung dengan Brazil yang juga berniat memanggilnya.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Sebagaimana dilaporkan Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Costa dikabarkan telah berkirim surat kepada Federasi Sepak Bola Brazil (CBF) perihal keinginannya untuk bermain bersama Timnas Spanyol.

Sudah bukan rahasia lagi jika Spanyol memang berminat menjadikan Costa sebagai salah satu pilarnya jelang perhelatan akbar Piala Dunia 2014. Eks penyerang Braga itu tampil cemerlang di ajang La Liga musim ini dengan telah melesakkan 11 gol dalam 10 penampilannya dengan Atletico.

Namun Brazil tampaknya tidak ingin begitu saja melepaskan asetnya itu bergabung dengan negara lain. Terlebih sang pemain sebelumnya telah memperkuat skuat Tim Samba dalam duel persahabatan melawan Italia dan Rusia, Maret 2013 silam.

Sayangnya, Brazil justru tidak memanggil penyerang haus gol itu ketika Brazil berlaga di Piala Konfederasi 2013, Juni silam.

Meski demikian, pelatih Brazil, Luiz Felipe Scolari, sudah mengungkapkan niatnya untuk kembali memanggil Costa ketika Brazil melakoni laga persahabatan melawan Honduras dan Chile sepanjang November 2013.

Tetapi hasrat itu dipastikan tidak akan terwujud setelah Costa justru “membelot” dan menyatakan keinginannya untuk bermain dalam balutan jersey Timnas Matador, sebutan Spanyol.

“Pemain bersangkutan [Costa] menyebut harapannya untuk membela Timnas Spanyol dalam surat yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal CBF, Julio Cesar Avellada,” ungkap RFEF dalam publikasinya, seperti dilansir Reuters, Rabu (30/10/2013).

“Diego Costa akan bermain untuk Spanyol… Jika pelatih memberikannya kesempatan,” lanjut pernyataan tersebut.

Setelah keputusannya itu, Costa berpeluang melakoni debutnya dengan La Furia Roja, sebutan lain Spanyol, dalam duel persahabatan melawan Afrika Selatan di Soccer City, Johannesburg, 19 November 2013.

Meski pernah membela Brazil di ajang persahabatan, Costa belum secara resmi terikat dengan timnas manapun. Hal itu mengingat sang pemain yang belum pernah turun di laga kompetitif dengan Tim Samba.

Namun di Spanyol, Costa tidak akan serta merta menjadi pilihan utama di lini depan. Penyerang andalan Atletico itu akan bersaing dengan Alvaro Negredo, Fernando Torres, David Villa, Roberto Soldado dan Fernando Llorente demi merebut perhatian sang pelatih, Vicente del Bosque.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya