SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

JAKARTA—Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) mengisyaratkan akan merestui pemain Indonesia Super League (ISL) untuk memperkuat timnas yang akan turun di Piala AFF 2012 di Malaysia, 24 November hingga 1 Desember.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Salah satu anggota Komite Bersama dari perwakilan KPSI, Hinca Panjaitan di Jakarta, Selasa mengatakan rencana merestui pemain ISL itu tercetus setelah pihaknya melakukan pertemuan dengan Menpora Andi Mallarangeng.

Ekspedisi Mudik 2024

“Yang membuat kami mau melepas pemain ISL itu karena pemikiran dan konsep kami sama dengan pemikiran Menpora,” kata Hinca Panjaitan melalui surat elektronik, Selasa.

Menurut dia, Menpora Andi Mallarangeng dinilai paham betul dengan fungsi dari Komite Bersama yang merupakan lembaga bentukan AFC yang salah satu tujuannya untuk menyelesaikan polemik sepak bola Indonesia.

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan Piala AFF 2012, kata dia, maka Komite Bersama harus segera melakukan rapat guna merealisasikan semua keputusan yang ada termasuk harmonisasi timnas.

“Waktu sudah dekat. Kita berdoa semoga semua pihak bisa mematuhi isi MoU,” kata mantan Ketua Komisi Disiplin PSSI era kepemimpinan Nurdin Halid itu.

Berdasarkan data yang ada, sedikitnya ada enam pemain ISL yang telah didaftarkan ke AFC yaitu Bambang Pamungkas, Firman Utina, I Made Wirawan, Ahmad Bustomi, Hamka Hamzah dan Patrich Wanggai. Namun yang bergabung dengan timnas di bawah asuhan Nil Maizar baru Bambang Pamungkas.

Jika rencana bergabungnya pemain ISL ini berjalan sesuai dengan rencana maka akan berdampak positif pada pendanaan timnas yang akan turun di Piala AFF 2012 di Malaysia nanti karena pemerintah akan mengucurkan dana yang telah ada.

Sebelumnya Menpora Andi Mallarangeng berharap timnas yang turun di turnamen dua tahunan diisi oleh pemain-pemain terbaik Indonesia yang berasal dari semua kompetisi termasuk pemain yang bermain di luar negeri.

Menpora sebelum memanggil pihak KPSI yang diwakili Joko Driyono dan Hinca Panjaitan juga memanggil pihak PSSI yang diwakili oleh Djohar Arifin Husin, Halim Mahfudz dan manajer timnas Habil Marati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya