SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Le Cong Vinh. JIBI/SOLOPOS/affsuzukicup.com

BANGKOK—Striker Vietnam, Le Cong Vinh, ingin menebus dosa di ajang Piala AFF 2012. Pemain yang menjadi anak emas sepak bola Vietnam ini, bertekad membawa kembali timnya meraih gelar juara seperti saat edisi 2008 lalu.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Cong Vinh merupakan pahlawan Vietnam di Piala AFF 2008. Gol semata wayangnya di leg kedua partai final kala itu, membuat Vietnam unggul atas Thailand dengan agregat 3-2.

Namun dua tahun lalu, Cong Vinh gagal membawa Vietnam kembali bersinar. Jangankan melaju ke final, lolos dari semifinal pun Vietnam gagal setelah ditaklukkan Malaysia.

Ekspedisi Mudik 2024

Karenanya di ajang sepak bola antarnegara ASEAN kali ini, Cong Vinh bertekad membayar kesalahan dua tahun lalu. Namun demikian, Vietnam harus terlebih dulu lolos dari grup neraka, Grup A.

Terkait, kans timnya lolos dari Grup A, Cong Vinh mengaku optimistis. Ia bahkan yakin Vietnam bersama tuan rumah Thailand bakal tampil sebagai wakil Grup A ke babak empat besar dengan mengeliminasi semifinalis 2010, Filipina dan tim kualifikasi, Myanmar. Dan bukannya tak mungkin, Vietnam maupun Thailand bakal mengulang final di musim 2008.

“Thailand memberikan upaya terbaiknya di ajang AFF kali ini, mereka ingin menebus kegagalan di tahun 2008 dan 2010,” ujar Cong Vinh dilansir situs resmi AFF, Jumat (23/11/2012).
“Dan sejak mereka bermain di kandang, Thailand akan mendapat peluang terbaiknya melaju ke semifinal,” imbuhnya.

Vietnam akan menjalani debutnya di AFF kali ini menghadapi Myanmar, Sabtu (24/11/2012). Pelatih Vietnam, Phan Thanh Hung, menganggap hasil di laga pembuka akan menjadi kunci langkah mereka di laga selanjutnya.

“Partai menghadapi Myanmar sangat penting. Itu akan memberikan dorongan mental bagi kami [di laga selanjutnya}, jika menang,” tutur Thanh Hung. “Kami sudah siap menghadapi laga ini,” imbuhnya.

“Saya berterima kasih pada para pendukung atas dukungannya. Saya berharap kami bisa mewujudkan ekspektasi mereka,” beber Thanh Hung.

Vietnam, Thailand dan Filipina akan memberikan daftar 22 nama pemain yang mengisi skuatnya di AFF pada Jumat sore ini.

Filipina kemungkinan besar akan minus dua penjaga gawangnya yang bermain di Eropa, Neil Etheridge dan Roland Muller. Etheridge berlatih bersama Fulham, Kamis (22/11/2012), setelah klub Liga Premier Inggris itu memanggilnya kembali setelah dipinjamkan ke tim Divisi Tiga, Bristol Rovers. Sementara, Muller yang bermain bersama MSV Duisburg tak diizinkan tampil karena klubnya yang sedang memiliki jadwal padat.

Dengan kemungkinan absennya dua penjaga gawang utama, Filipina akan mengandalkan penjaga gawang veteran, Eduard Sacapano di bawah mistar gawang. Sacapano tampil cukup apik ketika memperkuat Filipina menang 1-0 atas Singapura pada uji coba, pekan lalu.

Filipina akan menjalani laga pembuka melawan juara tiga kali sekaligus tuan rumah, Thailand, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya