SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA—Gelaran Pala AFF, 24 November-1 Desember mendatang menjadi ajang pembuktian Timnas Garuda Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng berharap Timnas bisa mengalahkan semua lawan yang dihadapi. Andi mengatakan sepak bola
“Kami akan terus mendukung mereka. Kami berharap semuanya bisa memberikan hasil yang terbaik,” kata Andi Mallarangeng di sela pembukaan Rakor Bakohumas dengan tema Peningkatan Pemahaman Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan Bagi Kehumasan Menyongsong Komunitas ASEAN 2015 di Jakarta, Kamis (22/11/2012).

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Menurut dia, sepak bola Indonesia saat ini dinilai sudah ada peningkatan setelah sebelumnya terjadi konflik yang berkepanjangan. Kondisi ini dinilai positif dan diharapkan bisa memberikan semangat baru bagi Timnas Garuda.

Semakin kondusifnya Timnas, kata dia, berdampak pula pada dukungan dari pemerintah dalam hal ini pemberian dana. Setelah melakukan pemantauan dan pengkajian, Timnas Garuda yang turun di Piala AFF 2012 akhirnya mendapatkan bantuan Rp800 juta.

“Kami melihat sudah ada kemajuan terkait dengan diskriminasi pemain. Makanya bantuan bisa diturunkan. Saat ini masih dalam proses pencairan,” katanya menambahkan.

Sesuai anggaran pria asal Makassar itu menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada Timnas Senior ini sesuai dengan anggaran yang ada. Dana yang diberikan kepada Timnas Garuda yang berlaga di Piala AFF 2012 bukan dana yang diperuntukkan pada pembinaan sepak bola usia muda.

“Untuk usia muda tidak ada masalah. Bantuan terus kami berikan sesuai dengan penganggaran,” kata mantan juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Anggaran yang dibutuhkan oleh PSSI khusus untuk Piala AFF 2012 ini lebih dari Rp2 miliar. Berbagai cara untuk menggali dana juga dilakukan termasuk melakukan malam gala dinner pemain dengan pengusaha. Hasilnya mampu terkumpul lebih dari Rp1 miliar. Begitu juga dengan sumbangan dari suporter sebesar Rp56 juta.

Timnas Garuda saat ini telah bersiap diri untuk menghadapi pertandingan perdana Piala AFF 2012 yaitu melawan Laos di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia, Minggu (25/11). Anak asuh Nil Maizar ini sebelum turun dipertandingan resmi terus digembleng dengan program latihan yang telah ada.

Berkekuatan 23 pemain termasuk pemain naturalisasi, Timnas Garuda diharapkan mampu lolos dirintangan pertama ini. Setelah menghadapi Laos, Andik Vermansyah dan kawan-kawan akan menghadapi Singapura, Rabu (28/11) dipertandingan terakhir menghadapi tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12).

Pada babak penyisihan grup ini hanya dua tim yang berhak lolos ke semifinal yaitu juara grup dan runner up. Kedua tim dari masing-masing grup yaitu A dan B selanjutnya akan berhadapan dengan sistem silang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya