Jelang Penutupan Untuk Revitalisasi, TSTJ Solo Malah Tambah Ramai

Jumlah pengunjung TSTJ atau Jurug Solo Zoo justru semakin ramai menjelang penutupan untuk revitalisasi yang direncanakan mulai 1 Juli 2022.

 Warga menikmati rindangnya pohon di tepi danau kawasan TSTJ Solo, Rabu (1/6/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Warga menikmati rindangnya pohon di tepi danau kawasan TSTJ Solo, Rabu (1/6/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Jumlah pengunjung Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo malah makin bertambah menjelang penutupan untuk revitalisasi yang dijadwalkan pada 1 Juli 2022. Pengelola mencatat ada sekitar 70.000 pengunjung selama kurun waktu 1-25 Juni 2022.

Mayoritas pengunjung merupakan kalangan pelajar sekolah. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu (26/6/2022) pukul 12.00 WIB, petugas sampai menutup pintu masuk untuk mobil. Pengunjung bermobil diminta mencari kantong parkir di sekitar TSTJ.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Ada delapan bus di area parkir depan. Sementara pengunjung dengan sepeda motor masih bisa masuk. Kondisi area parkir penuh waktu itu. Mobil parkir di area parkir dalam. Para petugas sibuk mengatur parkir serta melayani tiket.

Para pengunjung TSTJ Solo melakukan berbagai aktivitas di Jurug Solo Zoo, antara lain berkumpul di taman, menikmati kuliner, dan berkeliling di kebun binatang. Sejumlah petugas wahana juga tampak sibuk melayani pengunjung, antara lain Wahana Kolam Keceh.

Manajer Pemasaran TSTJ Solo, Nonot Harwanto, menjelaskan ada peningkatan kunjungan dibanding hari biasa dengan jumlah sekitar 70.000 orang 1 Juni sampai 25 Juni 2022. Mayoritas pengunjung merupakan kalangan sekolah khususnya taman kanak-kanak.

Baca Juga: Direvitalisasi, Taman Satwa Taru Jurug Solo Akan Ditutup 6 Bulan

Penambahan Satwa

“Sekitar 80 persen sekolah, outing class, perpisahan kelulusan anak TK,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Minggu (26/6/2022). Dia mengatakan jumlah pengunjung seramai itu merupakan kali pertama selama pandemi Covid-19 di TSTJ Solo karena sebelumnya ada pembatasan sosial.

Menurut Nonot, ada informasi mengenai penutupan TSTJ untuk revitalisasi 1 Juli namun belum ada surat resmi sejauh ini. Selain revitalisasi akan ada penambahan satwa namun belum ada informasi lanjutan.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Jurug Solo Zoo bakal direvitalisasi selama enam bulan dari dana investasi dari Taman Safari Indonesia. Konsep kebun binatang nantinya akan dibuat model terbuka bagi satwa.

Baca Juga: TSTJ Solo Ditutup Sebulan Lagi, Pedagang Belum Dapat Sosialisasi

Namun TSTJ nantinya tidak seperti Taman Safari pada umumnya yang memungkinkan pengunjung melihat satwa di dalam mobil. Berdasarkan catatan Solopos.com, tahap awal revitalisasi, Taman Safari akan menggelontorkan investasi senilai Rp20 miliar.

Direktur Utama TSTJ Solo, Bimo Wahyu Widodo, sebelumnya mengatakan meski tidak ada rekreasi kebun binatang, beberapa wahana seperti kolam keceh dan panggung hiburan tetap buka dan menerima pengunjung selama revitalisasi. Pengunjung bisa mengakses dua wahana itu dari pintu sisi timur.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Kisah Titanic of The East, Kapal Tek Sing Tenggelam di Laut Indonesia

      + PLUS Kisah Titanic of The East, Kapal Tek Sing Tenggelam di Laut Indonesia

      Kapal Tek Sing yang berjuluk Titanic of The East tenggelam pada 14 Januari 1822 di perairan Selat Gelasa atau Selat Gaspar yang memisahkan antara Pulau Bangka dan Belitung, Indonesia, yang dahulunya Hindia Belanda.

      Berita Terkini

      Jos! Petani & Peternak Klaten Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan

      Petani dan peternak di Klaten berpotensi sebagai penopang ketahanan dan kedaulatan pangan mengingat kontribusi mereka.

      Duta Genre Sukoharjo Menuju Grand Final, Ini Pesan dari Pemenang Lama

      Pemilihan Duta Genre Sukoharjo menuju babak final. Sebanyak 18 finalis yang berhasil lolos seleksi hingga babak final telah diumumkan, Sabtu (13/8/2022).

      Cuaca Tak Menentu, Petani Kedelai di Klaten Sulam Tanaman Berkali-Kali

      Petani kedelai di Klaten dibuat pusing kondisi cuaca yang tak menentu.

      Tiap Hari Wong Sragen Beli 57 Kendaraan Bermotor Anyar

      Pembelian kendaraan baru oleh warga Sragen pada 2021 mencapai 1.702 unit per bulan atau 56-57 unit per hari.

      Desa Ibunda Jokowi di Boyolali Absen jadi Percontohan IF, Kenapa?

      Desa masa kecil ibunda Presiden RI, Joko Widodo, yakni Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali menjadi daerah percontohan program unggulan kementerian pertanian dengan nama Integrated Farming (IF) pada 2021.

      Sewindu FSRD UNS Solo, Ada Pameran Internasional hingga Kompetisi Lho

      FSRD UNS Solo memperingati Dies Natalis kedelapan atau sewindu dengan berbagai kegiatan mulai dari pameran internasional hingga kompetisi seni.

      Sampah Berserakan Seusai Karnaval Karanganyar, Pramuli Jadi Solusi

      Sampah berserakan setelah Karnaval Jalan Kaki Pemkab Karanganyar usai. Beruntung ada Pramuka Peduli (Pramuli) Karanganyar dan sukarelawan lain yang mau terjun turun tangan memungut sampah-sampah yang berserakan.

      Pemanfaatan Aset BUMDes Girimarto, Kejari: Tak Perlu Tunggu Putusan

      Pemanfaatan aset Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Lenggar Bujo Giri tidak perlu menunggu putusan pengadilan.

      Sukoharjo Gudangnya Tanaman Obat dan Kosmetik, Ini Daftar Lokasinya

      Penanaman biofarmaka di Sukoharjo tersebar di 12 kecamatan. Daerah Sukoharjo Selatan  seperti Nguter, Tawangsari, Bulu dan Bendosari menjadi lokasi persebaran terbanyak tanaman biofarmaka.

      Kuasa Hukum Ahli Waris: Silakan Bersih-Bersih Sriwedari Solo, Tapi...

      Kuasa hukum ahli waris tanah Sriwedari, Solo, mempersilakan Pemkot melakukan bersih-bersih kawasan tanah sengketa itu, tapi juga mengingatkan ihwal putusan pengadilan.

      Walah, Proyek Rel Layang Joglo Solo Munculkan Lokasi Kemacetan Baru

      Pengerjaan tahap II proyek rel layang memunculkan lokasi kemacetan baru di Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo.

      Penjual Jamu di Nguter Sukoharjo Bungah Banget, Ini Penyebabnya

      Bahan baku jamu tradisional di Sukoharjo terbilang mencukupi  meskipun beberapa diambilkan dari daerah lain. Oleh karena itu, penjual bahan baku jamu tidak perlu mengimpor untuk mencukupi kebutuhan penjualan.

      Ada Fashion Show Batik Ciprat Karya Disabilitas di Karnaval Wonogiri

      Batik ciprat buatan penyandang disabilitas asal Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, turut ditampilkan saat karnaval kebangsaan di Kecamatan Kismantoro, Kamis (18/8/2022).

      Soto Budhe Djiman Boyolali, 31 Tahun Gratis untuk Anak Yatim Piatu

      Pasangan suami istri pemilik Warung Soto Budhe Djiman, Jiman, dan Sri Arbaini, selalu menggratiskan makan dan minum bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu sejak tahun 1991.

      Pengusutan Jual Beli Lahan Bong Mojo Solo Lanjut, Ada Tersangka Lain?

      Meski sudah menetapkan dua tersangka, penyidik Polresta Solo memastikan penyidikan kasus jual beli lahan makam Bong Mojo masih terus berlanjut.