Jelang Penetapan Wali Kota dan Wawali Terpilih, Polresta Solo: Jangan Ada Konvoi!
Pilkada Solo. (Solopos/Whisnu Paksa)

Solopos.com, SOLO -- Jajaran Polresta Solo mulai menyiapkan pengamanan menjelang penetapan Wali Kota Solo dan Wakil Wali Kota Solo terpilih hasil Pilkada 2020 yang akan berlangsung di Swiss Belhotel, Gilingan, Banjarsari, Solo, Kamis (21/1/20201).

Sebanyak 350 personel kepolisian akan bergerak mobile menyisir jalanan Kota Solo guna mencegah adanya konvoi dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Minggu (17/1/2021), mengatakan kepolisian telah berkoodinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo pada pekan lalu.

2 Nakes Solo Alami Pusing Dan Pegal Seusai Disuntik Vaksin Sinovac

Menurutnya, dalam rapat itu pelaksanaan protokol kesehatan menjadi prioritas utama terkait acara penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih.

“Di kawasan gedung juga tidak boleh ada pengerahan massa. Nanti Tim Pengurai Kerumunan [TPK] saya sebar ke seluruh kelurahan agar tidak ada kerumunan,” paparnya.

Menurutnya, seperti biasanya kepolisian kembali mengingatkan ketua parpol, tim pemenangan, dan pasangan calon agar tidak ada pengerahan massa baik di dalam maupun luar hotel tempat acara KPU.

Tukang Bangunan Ditemukan Tak Bernyawa Di Kamar Mandi Perumnas Jaten Karanganyar

Tiga Ring

Sementara itu, berdasarkan PKPU, undangan untuk penetapan Wali Kota dan Wawali Solo terpilih yakni KPU, Bawaslu, dan calon terpilih. Pada Pilkada Solo 2020, calon dengan perolehan suara terbanyak adalah Gibran Rakabuming Raka, dan Teguh Prakosa.

Teknis pengamanan lokasi acara, personel gabungan terbagi dalam tiga ring. Rencananya, Polresta akan membuka posko pada lokasi kegiatan dengan personel gabungan.

Menurut Kapolresta, KPU Solo akan menayangkan proses penetapan wali kota-wakil wali kota terpilih itu secara live melalui media sosial. Dengan demikian, masyarakat dapat menyaksikan acara itu dari rumah.

Sejumlah Santri Positif Covid-19, Ponpes Di Colomadu Karanganyar Diliburkan Sampai 12 Februari

Sebelumnya, Kapolresta menegaskan Kota Solo dalam suasana kondusif pascapemungutan dan perhitungan suara Pilkada Solo, Desember 2020 lalu.

Pelaksanaan protokol kesehatan berjalan baik serta tidak ada konvoi kendaraan untuk merayakan kemenangan salah satu pasangan calon. Hal itu menjadi bekal pengaman penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota mendatang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom