SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menggelar jumpa pers seusai memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (18/1/2021). (Solopos.com-Imam Yuda S)

Solopos.com, SOLO – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menggagas gerakan Jateng di Rumah Saja yang akan dimulai pada Sabtu-Minggu (6-7/2/2021) besok. Menanggapi gerakan itu, netizen pun ramai-ramai mencuitkan #2HariJatengHeningCipta di Twitter yang akhirnya menjadi trending topic, Jumat (5/2/2021).

Seperti diketahui, gerakan Jateng di Rumah Saja itu sebagai langkah untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. “Hasil rapat dengan para Sekda dan alhamduillah sebagian besar setuju. Kira-kira kita siap di tanggal 6-7 Februari untuk melakukan gerakan di rumah saja secara bersama-sama,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di rumah dinasnya, Selasa (2/2/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: 3 Orang Ini Diklaim Terkaya di Solo, Siapa Saja Mereka?

Pengguna akun @ditolllll mempertanyakan efektivitas dari program ini dalam menekan kasus Covid-19. "Apakah berhasil?? Yakin tidak ada yg berkeliaran? Kita lihat saja nantiWajah meringis. #2HariJatengHeningCipta," katanya.

Begitu juga dengan pengguna akun @azka_tralala. "Delok ae, mengko lak hasile nihil. Mesti tetep okeh sng do dolan ning jobo wkwk. #2HariJatengHeningCipta," cuitnya.

Namun, banyak pula yang mendukung gerakan Jateng di Rumah ini. "Cuma 2 hari dirumah saja kok. Nurut ya ama Pak Gubernur kita. #2HariJatengHeningCipta," kicau pengguna akun @ilusikmu. Hingga Jumat pukul 17.00 WIB, sudah ada 7.670 tweet tentang #2HariJatengHeningCipta.

#2HariJatengHeningCipta

Respons dari PPKM

Sementara itu, Gubernur Ganjar menyebut gerakan tersebut merupakan respons dari daerah setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pelaksanaan PPKM Jawa Bali tidak berdampak dalam penurunan kasus Covid-19. “Dan cara itulah yang kira-kira menurut saya penting untuk menerjemahkan apa yang diinginkan oleh pemerintah,” kata Ganjar.

Ganjar pun berharap gerakan Jateng di Rumah Saja bisa memberi pemahaman kepada masyarakat tentang kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sehingga, gerakan itu akan memberi dampak pada penurunan kasus Covid-19.

Baca Juga: Tanggul Sungai Mlese Gantiwarno Klaten Jebol, Sawah 5 Ha Terendam

“Covid-19 masih tinggi. Korban sudah banyak, rumah sakit makin penuh. Nah, dengan kondisi ini, maka kita bareng-bareng berpartisipasi latihan dua hari saja. Tanggal 6-7 kita di rumah. Kalau bisa dilaksanakan, siapa tahu Jateng bisa jadi contoh,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya