SOLOPOS.COM - Bawaslu Karanganyar berkunjung ke Mapolres Karanganyar untuk kordinasi awal menjelang pemilu 2024, Rabu (11/5/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Menjelang pemilu serentak 2024 yang tahapannya dimulai 2022, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar mulai berkordinasi dengan Polres Karanganyar.

Salah satu materi dalam kordinasi antara Bawaslu Karanganyar dengan Polres tersebut adalah penyediaan penyidik dari unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ritwanti Priliastuti mengatakan, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam tahapan pemilu nanti ada pelanggaran yang dilakukan oleh anak di bawah umur.

Menurut Nuning, pada Rabu (11/5/2022) datang ke Polres Karanganyar untuk kordinasi awal menjelang pemilu 2024. Karena Polres adalah bagian dari Penegak Hukum Terpadu [Gakkumdu] selain Bawaslu dan Kejaksaan.

“Salah satunya kami juga meminta penyidik nanti ada yang dari unsur PPA, karena tidak menutup kemungkinan ada pelanggaran yang dilakukan oleh anak di bawah umur sehingga nanti penanganannya nanti bisa lebih pas,” ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Karanganyar Hari Ini: 13 Mei 2016, Pabrik Delta Dunia Textile Terbakar

Selain meminta pelibatan penyidik PPA, Bawaslu juga membahas tentang hal-hal yang dimungkinkan timbul dan mengganggu kelancaran tahapan pemilu. ‘

“Tahapan pemilu memang belum dimulai, tetapi kordinasi lebih awal semakin baik. Misalnya memperkirakan hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran pemilu,” tambah Nuning dalam kunjungan bersama anggotanya.

Selain ke Polres, Bawaslu juga berencana mengunjungi Kejaksaan Negeri Karanganyar (Kejari), Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, dan sebagainya.

Baca juga: CFD Solo, Jalan Jend Sudirman Ditutup Separuh Untuk Beri Akses Ibadah

Sementara itu, Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo memastikan bahwa pihaknya akan mengakomodasi permohonan yang disampaikan Bawaslu Karanganyar tersebut.

Ia juga berpesan kepada personel Gakkumdu yang nantinya dibentuk agar mematuhi perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak terjadi konflik kepentingan.

“Polres Karanganyar juga siap mengamankan dan menjamin keamanan di wilayah Karanganyar dalam menyambut pesta demokrasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya