SOLOPOS.COM - Ilustrasi (mountainview.gov)

Polres Karanganyar sisir gereja jelang Paskah demi keamanan.

Solopos.com, KARANGANYAR—Anggota Sabhara Polres Karanganyar menyisir gereja menjelang Paskah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu gereja yang disisir adalah Santo Piux X Karanganyar pada Rabu (28/3/2018). Mereka menyisir halaman depan, tanaman hias, bagian dalam gereja, altar, dan lain-lain. Mereka mengecek setiap sudut, ruangan, pot bunga, dan lain-lain menggunakan detektor logam dan seekor anjing pelacak K9.

Sejumlah anggota Sabhara bersenjata mengawal petugas saat menyisir dan mengecek setiap sudut gereja. Polres Karanganyar rutin melaksanakan penyisiran menjelang hari raya agama. Langkah itu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan umat beragama melaksanakan ibadah.

KBO Sabhara Polres Karanganyar, Ipda Harjono, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, menyampaikan penyisiran melibatkan unit satwa. (baca juga: PILKADA 2018 : Tim Cyber Polres Karanganyar Patroli Medsos 24 Jam/Hari)

“Kami sisir Gereja Santo Pius X Karanganyar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Harjono saat ditemui wartawan seusai menyelesaikan penyisiran.

Mereka memastikan gereja Santo Pius X Karanganyar aman dari bahan peledak dan hal lain yang membahayakan.

“Sejumlah warga Karanganyar akan melaksanakan Paskah. Semoga paskah dan kebaktian tidak ada hal buruk yang menimpa. Diperkirakan 2.500 orang setiap hari akan memadati gereja mulai pagi dan sore,” tutur dia.

Harjono menjelaskan penyisiran melibatkan seekor anjing pelacak K9 yang ahli di bidang bahan peledak. Anjing bernama Gonzo itu jenis Labrador Retriever. Selain menyisir gereja, Polres Karanganyar akan menerjunkan sejumlah personel untuk mengamankan kegiatan selama Paskah.

“Dia dilatih sejak usia enam bulan hingga sekarang usia 1,5 tahun. Dia dilatih menggunakan bahan peledak. Pengenalan bau, melacak. Pawang K9 pun mendapat pelatihan khusus selama dua bulan,” ujar Kanit Satwa K9, Aiptu Agus Adriyono, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto.

Sementara itu, Pastur Gereja Santo Pius X Karanganyar, Romo Sukarno Siwi, menyampaikan pengamanan selama Paskah dan hari besar agama lain menjadi kewenangan Polres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya