SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Klaten. (Istimewa/Dokumentasi Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN -Jajaran Polres Klaten bakal menggencarkan serbuan vaksinasi dosis II Covid-19, mulai awal pekan mendatang. Selain serbuan vaksinasi Covid-19, Polres Klaten juga siap mem-back up Pemkab Klaten dalam rangka menegakkan protokol kesehatan (prokes) menyambut liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, atau Nataru.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan siap mendukung pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 yang digaungkan pemerintah pusat untuk seluruh daerah di Tanah Air di tengah pandemi Covid-19. Sesuai rencana, PPKM Level 3 yang ditujukan mencegah ledakan kasus Covid-19 berlangsung, 24 Desember 2021-2 Januari 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini, kami mematok target vaksinasi Covid-19 bisa mencapai angka 100 persen di akhir tahun 2021. Capaian vaksinasi dosis I di Klaten sudah mencapai 80 persen. Sedangkan, capaian vaksinasi dosis II di angka 60 persen. Mulai awal pekan depan, kami akan gencarkan lagi serbuan vaksinasi itu. Kami akan melakukan door to door juga agar target pencapaian segera terpenuhi [serbuan vaksinasi guna membentuk herd community di tengah pandemi Covid-19],” kata AKBP Eko Prasetyo saat ditemui wartawan di Desa Kadilanggon, Kecamatan Wedi, Sabtu (20/11/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Klaten Tembus 78%, Wisata Mulai Bangkit

AKBP Eko Prasetyo mengatakan aparat polisi juga siap mem-back up Pemkab Klaten dalam rangka menyukseskan pelaksanaan PPKM Level 3 saat liburan panjang Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Salah satu hal utama yang perlu dilakukan, yakni mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menaati protokol kesehatan (prokes), meski kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten terus melandai, dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu terutama dengan mewajibkan masyarakat memakai masker di tengah pandemi Covid-19.

“PPKM Level 3 itu aturannya kan sudah ada. Sistemnya sudah ada. Tinggal dirapatkan lagi. Prinsipnya, kami selalu siap mem-back up Pemkab [penegakan prokes],” katanya.

Hal senada disampaikan Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo. Ia mengimbau seluruh warga Klaten untuk selalu meningkatkan prokes, dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 34.822 kasus [hingga Jumat (19/11/2021)]. Sebanyak lima orang menjalani perawatan/isolasi. Sebanyak 31.894 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.923 orang telah meninggal dunia,” katanya.

Baca juga: Ketat! Begini Pembatasan Aktivitas Masyarakat saat Solo PPKM Level 3

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com di Satgas PP Covid-19, sebanyak 22 dari 26 kecamatan di Klaten sudah terbebas Covid-19 hingga, Jumat (19/11/2021). Sebanyak empat kecamatan di Klaten masih ditemukan kasus Covid-19. Masing-masing berada di Kecamatan Delanggu (satu orang), Jatinom (satu orang), Pedan (satu orang), Gantiwarno (10 orang).

“Di Klaten masih ada satu penambahan kasus Covid-19, Jumat (19/11/2021). Itu hasil tes PCR. Satu orang itu [berasal dari Kecamatan Delanggu] terpapar virus corona saat beraktivitas sehari-hari di Klaten,” kata Cahyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya