SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana menambah kapasitas kereta sebanyak 5-10% menjelang hari raya Natal 2012 dan Tahun baru 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Direktur Utama KAI Ignasius Jonan, penambahan kapasitas ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa liburan akhir tahun.

“KAI akan nambah [gerbong] untuk natal, 5-10% tergantung hari dibanding weekend. Misalnya kapasitas, penambahan gerbong,” ungkap Jonan, Jumat (7/12/2012).

Salain itu, Jonan mangakui, PT KAI mendapat tantangan besar, mengingat perusahaan dinobatkan sebagai BUMN Terbaik 2012. Dengan demikian, Jonan berjanji perusahaan akan terus memperbaiki kinerja dan layanan pada tahun-tahun yang akan datang.

“Mulai tahun depan kami akan berusaha, sebaik mungkin misalnya kaya peningkatan kapasitas stasiun, elektronik tiket, sterilisasi, elektronik gate, lalu elektronik, dan nambah kereta,” paparnya.

Dia mengatakan, tahun depan, akan ada 750 kereta yang beroperasi, angka ini naik dibandingkan jumlah kereta yang beroperasi tahun ini. Ditargetkan hingga 2018 nanti, ada sekitar 1500 kereta yang akan beroperasi seiring dengan melonjaknya penumpang setiap harinya.

“Nambah kereta itu setahun kira 20-25% dari jumlah kira-kira KRL di tahun sebelumnya, jadi akan nambah terus. Sekarang yang berjalan kira- 608 unit, tahun depan 750, dan 1500 ditahun 2018,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya