SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berbincang dengan salah seorang penjual di Pasar Karangayu, Kota Semarang, Senin (23/12/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Sejumlah harga kebutuhan pokok di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai merangkak naik menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Beberapa komoditas pokok yang mengalami kenaikan itu yakni bawang merah dan cabai. Di Pasar Karangayu, harga bawang merah yang semula Rp30.000 per kg naik menjadi Rp45.000 per kg. Sementara cabai yang semula berkisar di harga Rp35.000 per kg, naik menjadi Rp40.000 per kg.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Kendati demikian, ada sejumlah barang kebutuhan pokok yang justru mengalami penurunan harga, yakni telur. Telur yang semula Rp26.000 per kg, turun menjadi Rp25.000 per kg.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menilai harga kebutuhan pokok di Jateng relatif stabil menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ekspedisi Mudik 2024

“Harga relatif stabil. Daging stabil, beras, dan lain-lain. Turun dari Rp26.000 menjadi Rp25.000 per kg,” ujar Ganjar sesuai melakukan pantuan harga kebutuhan pokok di Pasar Karangayu, Kota Semarang, Senin (23/12/2019).

Ganjar mengatakan kenaikan harga bawang dan cabai dinilai masih wajar. Bawang merah naik karena diperkirakan panen baru Januari nanti.

“Kalau bawang merah naik karena diperkirakan panen baru Januari nanti. Cabai memang masih naik, tapi trennya sudah membaik. Dua itu yang mengalami kenaikan, yang lain relatif stabil,” terangnya.

Disinggung soal stok bahan pangan, Ganjar memastikan stok bahan pangan di Jateng cukup banyak. Sehingga dirinya memastikan, stok pangan dan stabilitas harga di Jateng menjelang Nataru masih aman.

“Natal dan Tahun Baru nanti, insyaallah semuanya masih dalam kendali yang baik,” tutupnya.

Hasil pantauan di lapangan, untuk harga kebutuhan lain relatif stabil di Pasar Karangayu. Harga daging ayam berkisar antara Rp33.000-Rp35.000 per kg, daging sapi Rp110.000-Rp115.000 per kg, beras Rp9.000-Rp12.000 per kg, telur Rp25.000 per kg, dan bawang putih Rp28.000 per kg.

“Harga-harga masih stabil, tidak ada lonjakan kecuali bawang merah dan cabai. Stok juga masih aman karena kami kalau kulakan masih gampang,” kata Soheh, 55, salah satu pedagang sembako di Pasar Karangayu.

Kenaikan harga bawang merah dan cabai lanjut dia terjadi sejak sebulan terakhir. Meski begitu, kenaikan tidak begitu tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya