SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Jelang Hari Raya Natal, ratusan makanan tak layak konsumsi masih ditemukan di sejumlah pasar modern dan tradisional di Jogja.

Plh Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY, Harti Astuti dalam jumpa pers, Selasa (13/12) menjelaskan, ratusan makanan tak layak konsumsi berhasil ditemukan lembaganya dalam inspeksi mendadak di puluhan sarana produksi, Senin (12/12) lalu. Hasilnya, dari 37 sarana produksi atau toko yang diperiksa, 19 di antaranya masih menjual makanan tak layak konsumsi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari 37 toko yang diperiksa, 19 di antaranya ditemukan 473 buah makanan dan obat dari 52 item atau jenis yang tak memenuhi syarat. Sebanyak 208 buah makanan dari 22 item telah kedaluarsa, sebanyak 19 kemasan makanan dari 10 item telah rusak. Ditemukan pula pangan tanpa izin edar (TIE) sebanyak 21 kemasan dari satu jenis makanan serta pangan tidak memenuhi ketentuan (TMK) ditemukan satu kemasan atau satu item.

Adapun obat-obatan, terdapat empat kemasan dari satu jenis obat tradisional yang mengandung bahan kimia serta obat daftar G dan tanpa izin edar sebanyak 92 buah dari tiga item. Sedangkan kosmetik tak layak konsumsi ditemukan sebanyak 127 kemasan dari 14 item. “Terhadap temuan tersebut dilakukan pemusnahan di tempat,” terang Harti Astuti.

Sidak dilakukan di toko-toko, supermarket, hypermarket, pasar tradisional serta pembuat dan penjual parsel yang sering ramai jelang hari raya di empat kabupaten dan satu kota.

Sidak jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru ini terus dilanjutkan Selasa kemarin di sejumlah pasar modern. Hingga siang ini sidak masih terus berlangsung, belum diketahui berapa jumlah makanan dan obat tak layak konsumsi yang ditemukan petugas. (Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya