SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Menjelang Natal Tahun 2009 ini, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Karanganyar melakukan razia daging di Pasar Karangpandan, Rabu (23/12). Razia serupa juga dilakukan di beberapa pasar tradisional lain sebelumnya.

Namun dari hasil pemeriksaan petugas, rata-rata daging yang dijual di pasar-pasar tradisional itu aman untuk dikonsumsi, kendati ditemukan beberapa daging sapi dengan kadar air cukup banyak, serta daging ayam yang mengandung air berlebih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami telah melakukan razia daging di sejumlah pasar tradisional, seperti di Pasar Palur di Kecamatan Jaten, Pasar Nglano Tasikmadu, dan terakhir di Pasar Karangpandan. Namun, rata-rata daging yang dijual itu dalam kondisi yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Sepertinya, pedagang juga sudah menyadari dan sudah jera menjual daging tak layak konsumsi,” ungkap Kepala Disnakkan Karanganyar, Muhammad Hatta, saat ditemui Espos, seusai razia.

Sementara, pada razia daging dilakukan di Pasar Karangpandan, petugas dari Disnakkan yang dibantu aparat Satpol PP melakukan pemeriksaan ke sejumlah los daging sapi dan ayam. Razia dilakukan menjelang Natal karena biasanya permintaan daging meningkat pada waktu-waktu tersebut.

Untuk memeriksa layak tidaknya daging sapi yang dijajakan pedagang itu, petugas menggunakan alat meat PH meter yang berguna untuk mengetahui kadar kandungan air dalam daging. Dari hasil pemeriksaan pada sejumlah sampel daging, petugas menemukan daging sapi yang kadar airnya cukup banyak.

Saat diukur dengan alat khusus itu, daging-daging tersebut diketahui memiliki PH di atas 6. Padahal, daging sapi yang sehat dan layak seharusnya memiliki PH di bawah 6. Diduga kadar air yang berlebih itu berasal dari penyimpanan daging di dalam kulkas.

Selain daging, petugas juga memeriksa hati sapi untuk mengetahui ada tidaknya cacing yang terkandung dalam hati. Namun petugas tidak menemukan adanya kandungan cacing berbahaya, sehingga hati sapi yang dijual di pasar itu dipastikan aman untuk dikonsumsi.
dsp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya