SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas di Jalan MGR Sugiyopranoto Gunungkidul ditutup sementara saat ada Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Progo 2013, Kamis (28/11/2013). (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Jajaran Kepolisian Resort Gunungkidul menggelar apel pasukan Operasi Zebra 2013 di Markas Polisi setempat, Kamis (28/11/2013) pagi. Dalam apel tersebut polisi menutup Jalan MGR Sugiyopranoto atau Jalan Wonosari-Semanu.

Jalan depan Mapolres tersebut ditutup sekitar setengah jam mulai pukul 07.00-07.30 WIB. Pengendara dari arah Wonosari yang hendak menuju Semanu harus memutar melalui terminal lama, masuk ke area pemukiman dan keluar dari gang sekitar Pemukiman Baleharjo.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Penutupan jalan MGR Sugiyopranoto karena banyak kendaraan polisi dari semua jajaran Polres Gunungkidul yang menggelar apel pasukan. “Jalan ditutup hanya sementara selama apel gelar pasukan,” kata Humas Polres Gunungkidul Inspektur Dua Ngadino.

Operasi Zebra Progo 2013 yang akan dilakukan polisi merupakan operasi cipta kondisi menjelang Hari Raya Natal 25 Desember dan Tahun Baru 2014 mendatang. Rencananya, Operasi Zebra Progo dilaksanakan selama 14 hari, terhitung sejak 28 November sampai 11 Desember.

Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Faried Zulkarnaen mengatakan, pola operasi yang dikedepankan dengan cara bertindak penegakkan hukum yang didukung oleh tindakan preventif dan preemtif untuk menumbuhkan kesadaran berlalu lintas.

Adapun yang menjadi sasaran perioritas operasi, kata Faried, adalah pelanggaran yang berpotensi memicu dan menyebabkan terjadinya kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, seperti pengendara di bawah umur, aksi balap liar, melawan arus lalu lintas, angkutan umum tidak layak jalan, kendaraan bak terbuka bukan untuk memuat orang, kendaraan yang menggunakan rotator dan sirine yang bukan peruntukannya.

“Dengan dilakukan penegakan hukum sasaran perioritas diharapkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya meningkat dan menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan” papar Faried.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya