SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, mengeber kecepatannya pada sesi kualifikasi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Sabtu (10/11/2012) malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

VALENCIA—Dani Pedrosa akan mengawali balapan dari posisi terdepan pada seri pamungkas MotoGP musim ini di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (11/10/2012).  Pembalap Repsol Honda ini meraih pole position setelah mengungguli rekan setimnya, Casey Stoner, dan juara dunia musim ini, Jorge Lorenzo, pada sesi kualifikas, Sabtu (10/11/2012).

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Dilansir Autosport, Pedrosa mencatatkan waktu tercepat satu menit 30,844 detik atau lebih unggul 0,351 detik dari catatan waktu yang dibukukan Lorenzo di posisi kedua. Sementara Stoner yang diawali kualifikasi tampil cukup dominan, harus puas meraih pole ketiga dengan catatan waktu satu menit 31,428 detik.

Semula Stoner memang terlihat bakal meraih pole position. Catatan waktunya  satu menit 31,586 detik mengungguli tiga pembalap lainnya, Pedrosa, Carl Crutchlow dan Lorenzo untuk beberapa saat.

Namun di tujuh menit tersisa, adu kecepatan terjadi di antara Lorenzo dan Stoner. Semula, Lorenzo mampu mengungguli Stoner, namun berhasil diambil alih.

Meski demikian, drama belum usai. Pedrosa justru ganti memegang kendali dengan mengeber motornya mencapai waktu tercepat. Catatan waktu Pedrosa ini sudah tak terkejar hingga sesi kualifikasi usai.

Namun, Lorenzo mampu mendekati catatan waktu Pedrosa untuk mengungguli Stoner. Sedang, Crutchlow yang tampil cukup apik, harus puas di posisi keempat.

Sementara, pembalap Ducati, Nicky Hayden yang pada sesi latihan pertama tampil sebagai yang tercepat di lintasan basah, harus puas menempati posisi ketujuh. Lintasan sirkuit yang kering saat kualifikasi membuat pembalap Amerika Serikat itu tak mampu memperlihatkan kemampuan maksima. Meski demikian, capaian Hayden ini lebih baik dari rekan setimnya, Valentino Rossi, yang hanya merebut pole ke-11.

No     Pembalap     Tim/Motor    Waktu/Gap
1    Dani Pedrosa     Honda    1menit 30.844detik
2     Jorge Lorenzo     Yamaha     + 0.351d
3     Casey Stoner     Honda     + 0.584d
4    Cal Crutchlow     Tech 3 Yamaha    + 0.668d
5    Stefan Bradl     LCR Honda    + 0.913d
6    Andrea Dovizioso    Tech 3 Yamaha    + 0.951d
7     Nicky Hayden    Ducati    + 1.659d
8    Alvaro Bautista    Gresini Honda    + 1.741d
9    Hector Barbera    Pramac Ducati    + 1.761d
10    Aleix Espargaro    Aspar Aprilia    +1.990d
Sumber:Autosport/JIBI/SOLOPOS/yud

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya