SOLOPOS.COM - Pembalap Honda, Marc Marquez (kiri), melayani pertanyaan wartawan jelang MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Jumat (25/10/2013). Seluruh sesi latihan bebas pada Jumat dibatalkan karena masalah cuaca. JIBI/Solopos/Reuters/Toru Hanai

Solopos.com, VALENCIA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, teringat kemenangan sensasionalnya di Valencia saat tampil di kelas Moto2, musim 2012 lalu. Kemenangan ini akan menjadi inspirasi Marquez saat tampil dalam duel penentuan gelar juara MotoGP 2013 pada seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (10/11/2013).

Marquez tampil luar biasa saat adu kebut Moto2 di Valencia, 2012 lalu. Ia melaju dengan kencang dari urutan belakang di kondisi lintasan yang basah, untuk meraih podium utama.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Saat ini Marquez berada di puncak klasemen pembalap MotoGP. Ia unggul 13 poin, dari juara bertahan MotoGP, Jorge Lorenzo, yang membayanginya di urutan kedua.

Ekspedisi Mudik 2024

Perolehan poin ini jelas membuat Marquez lebih diuntungkan untuk tampil sebagai juara dunia dibanding Lorenzo. Ia hanya butuh finish di urutan keempat untuk mengunci gelar juara dunianya, meski Lorenzo mampu finish di urutan terdepan di Valencia.

Namun, Marquez tak ingin ambil pusing dengan situasi poin dan skenari juara dunia itu. Yang terpenting baginya adalah melakoni balapan akhir pekan nanti, seperti saat tampil pada seri-seri sebelumnya.

“Kami memiliki balapan yang bagus di Valencia, saya memiliki kenangan yang indah musim lalu di Moto2,” ujar Marquez dilansir Eurosport, Selasa (5/11/2013).

“Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik di sana. Cuaca juga akan menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan karena sangat berubah-ubah, tapi saya sudah tak sabar untuk kembali ke garasi pit dan mengendarai motor.”

“Jelas, kami tahu apa yang dipertaruhkan di grand prix terakhir tahun ini, tapi kami akan, seperti biasa, melakukan pendekatan seperti yang kami lakukan pada setiap balapan yang lain dan kerja keras dari Jumat [8/11/2013] dan melakukan yang terbaik.”

Marquez menambahkan dirinya telah benar-benar sembuh dari kecelakaan yang dialaminya di Motegi, dua pekan lalu.

Saat itu Marquez kehilangan kendali atas motornya pada kecepatan yang tinggi di sesi latihan Minggu. Namun, saat balapan, Marquez mampu merebut podium ketiga dan hanya tertinggal tiga detik dari Lorenzo, yang tampil sebagai juara.

“Sangat menyenangkan memiliki pekan di rumah setelah lawatan selama tiga pekan yang panjang,” imbuh Marquez.

“Setelah kecelakaanku di Motegi, saya melakukan rehabilitasi otot di leherku untuk mengantisipasi dalam balapan dan sekarang rasanya lebih baik.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya