SOLOPOS.COM - Marc Marquez melambaikan tangan seusai menjadi yang tercepat di latihan bebas sesi III. (JIBI/Reuters/Darren Staples

Solopos.com, VALENCIA – Pembalap Honda, Marc Marquez tak main-main saat turun di seri terakhir di Valencia, MotoGP Spanyol, Minggu (10/11/2013) akhir pekan ini. Statusnya sebagai rookie MotoGP bukan halangan baginya untuk bisa memenangi seri balap motor di musim perdananya. Hal ini dibuktikan dengan menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas pertama, Jumat (8/11/2013) WIB.

Pembalap muda Spanyol ini membukukan waktu tercepat 1 menit 31, 557 detik. Juara Moto2 2012 ini mengungguli pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo yang berada di urutan kedua. Salah satu kandidat juara dunia ini mencatatkan waktu 1 menit 31, 575 detik atau selisih 0,018 detik dari sang debutan. Sedangkan rekannya, Dani Pedrosa bertengger di tempat ketiga dengan torehan waktu 1 menit 31, 581 detik.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Dilansir MotoGP, tekad Marc untuk bisa mencatatkan namanya di buku rekor MotoGP tinggal selangkah lagi. Jika ini berhasil menyelesaikan balapan dengan finis maksimal di urutan keempat, pemuda kelahiran Cervera ini akan menjadi rookie pertama yang menjadi juara dunia sejak 1978.

Sementara itu, pembalap Tech 3 Yamaha, Bradley Smith menempati urutan keempat lebih baik dari rekan Lorenzo, Valentino Rossi yang tertahan di nomor lima. Sedangkan pembalap Gresini Honda, Alvaro Bautista berada di nomor enam disusul Cal Crutchlow di tempat ketujuh.

Keduanya sempat bersaing ketat untuk memperebutkan tempat keenam. Pembalap LCR Honda, Stefan Bradl mengungguli duo Ducati di urutan ketujuh. Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso berurutan di nomor delapan dan sembilan.

Valencia bakal menjadi penentu siapa juara MotoGP musim ini. Momentum ini mengingatkan publik akan kejadian tujuh tahun silam saat Rossi gagal menjadi juara dunia karena terjatuh di lintasan. Akibatnya gelar yang telah di depan mata itu pindah ke tangan Nicky Hayden yang ketika itu menunggangi kuda besi Honda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya