SOLOPOS.COM - Pembalap Honda, Marc Marquez, merayakan kemenangannya di atas podium utama setelah finis tercepat di GP Aragon, Minggu (29/9/2013). (JIBI/Reuters)

Solopos.com, PHILLIP ISLAND –Adu kebut MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (20/10/2013) nanti, akan menjadi penentu gelar juara dunia rider Repsol Honda, Marc Marquez. Meski demikian, rookie MotoGP ini mengaku tak akan mengubah gaya membalapnya dan akan tampil sama seperti saat beradu kebut pada seri-seri sebelumnya.

Phillip Island merupakan seri ke-16 dari 18 seri yang digelar sepanjang musim ini. Dan kali pertamanya Phillip Island akan menjadi penentu gelar juara dunia, yang hanya mampu dilakukan oleh Marquez.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Juara dunia Moto2 musim lalu itu saat ini bertengger di posisi puncak klasemen pembalap MotoGP dengan torehan 298 poin. Sementara, rival terdekatnya sekaligus juara dunia musim lalu, Jorge Lorenzo, dari Yamaha Racing, berada di urutan kedua, terpaut 43 poin dari Marquez.

Selisih poin yang cukup lebar ini membuat Marquez tinggal sejengkal lagi mengukir rekor menjadi rookie yang meraih juara dunia, sejak Kenny Roberts, 35 tahun silam. Pembalap 20 tahun ini butuh kemenangan, sementara Lorenzo tak finish lebih dari posisi ketiga, jika ingin menyegel gelar juara dunianya.

Namun, Marquez enggan memikirkan skenario ini. Ia hanya ingin tampil fokus dan terus bekerja keras saat adu kebut di Phillip Island nanti.
“Itu adalah akhir pekan yang bagus di Malaysia dan kami mengambil sebuah poin kejuaraan yang sangat penting,” ujar Marquez, yang finish di urutan kedua pada MotoGP Malaysia, akhir pekan lalu.

“Sekarang, tampa waktu istirahat, kami menatap Australia untuk balapan selanjutnya dan kami perlu mempertahankan aturan dan mentalitas yang sama seperti itu, saat ini,” imbuh Marquez di Motogp.com.

“Phillip Island akan menjadi seri yang penting, karena hanya tinggal tiga balapan tersisa dan setiap poin akan membuat perbedaan. Tapi kami akan berusaha melakukannya seperti yang kami lakukan setiap balapan di akhir pekan. Kerja keras dari awal dan tetap berkonsentrasi.”

Sementara itu, rekan Marquez, Dani Pedrosa, juga tetap menjadi penantang gelar musim ini. Meski pun torehan Pedrosa tertinggal cukup jauh dengan menempati urutan ketiga dan terpaut 53 poin dari Marquez, namun dirinya belum menyerah.

Pedrosa cukup optimistis, menyusul kemenangan ketiga kalinya sepanjang musim ini di Sepang, akhir pekan lalu. Ia pun membidik target yang sama saat di Australia.

“Saya sangat senang dengan performaku di Malaysia dan seluruh tim bekerja dengan hebat,” ujar runner up musim lalu itu. “Saya telah beristirahat dua hari sejak balapan dan sekarang kami menuju Phillip Island dan akan menyelesaikan tiga balapan tersisa dengan skuat tenaga.”

“Lintasannya [Phillip Island] sangat menyenangkan, tata ketaknya membuat balapan menarik dan saya juga bersemangat untuk menguji aspal yang baru.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya