SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, PHILLIP ISLAND – Perusahan peyedia ban MotoGP, Bridgestone, menyarankan para pembalap menggunakan ban keras saat melakoni adu kebut MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (20/10/2013). Permintaan Bridgestone ini tak terlepas dari degradasi yang cukup tinggi dari ban-ban yang digunakan saat sesi latihan bebas, Jumat (18/10/2013).

Bridgestone mengaku aspal baru yang melapisi lintasan di Phillip Island terbukti berdampak tidak bagus pada ban. Analisa Bridgestone setelah sesi latihan bebas mengaku bahwa hanya ban tipe hard, yang mampu digunakan dalam balapan nanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, para pembalap masih bisa menggunakan ban lebih lembut, soft atau medium, saat melakoni sesi latihan terakhir maupun kualifikasi, Sabtu (19/10/2013).

“Kami mengantispasti aspal baru di sirkuit ini berpotensi membuat dampak yang parah terhadap ban, jadi kami melakukan analisa pada penggunaan ban hari ini,” ujar Manajer Bridgestone Motorsport Tyre Development Departement, Shinji Aoki, dilansir Autosport, Jumat.

“Jelas bahwa permukaan baru akan memberikan cengkraman yang kuat, yang menyebabkan hasil perlap jadi sangat cepat.”

“Analisa kami menunjukkan bahwa aspal membuat lintasan ini lebih keras terhadap ban, jadi kami memutuskan hal itu [menggunakan ban keras]. Meski pun para pembalap masih bisa menggunakan ban bagian belakang lebih lembut saat sesi latihan dan kualifikasi. Untuk balapan, kami meminta seluruh pembalap menggunakan ban bagian belakang lebih keras.”

Juara bertahan MotoGP, Jorge Lorenzo, menjadi yang tercepat dalam dua sesi latihan bebas Jumat ini. Pembalap Yamaha itu mencatatkan waktu satu putaran tercepat satu menit 28,961 detik atau kurang 1/30 detik dari rekor yang dibukukan Casey Stoner saat kualifikasi musim 2008 lalu.

Lintasan baru juga memberikan dampak kurang baik bagi para pembalap di kelas Moto2. Beberapa pembalap mengalami kebocoran ban saat melakoni sesi latihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya