Jelang Malam 1 Sura, 3.000-An Pendaki Padati Gunung Lawu

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MAGETANSekitar 3.000 pendaki diprediksi merayakan pergantian Tahun Baru Islam di Gunung Lawu. Sabtu (31/8/2019) sore, jalur pendakian Gunung Lawu di Magetan, Jawa Timur, mulai dipadati pendaki. Jumlahnya meningkat 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Kapolres Magetan, Jawa Timur, AKBP Muhammad Riffai, mengatakan bekerja sama dengan TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan untuk memantau dan mengamankan jalur pendakian Gunung Lawu via Magetan. Tak tanggung-tanggung, 450 personel gabungan disiagakan mengamankan malam pergantian Tahun Baru Hijriah di Magetan.

“Untuk malam Sura biasanya banyak pendaki ke Puncak Lawu. Kami telah berkoordinasi dengan BPBD, TNI, serta Perhutani untuk pemantauan. Biasanya jumlah pendaki naik 10 kali lipat dibandingkan hari biasa,” kata AKBP Muhammad Riffai seperti dilansir Detik, Sabtu (31/8/2019).

BPBD juga telah menyediakan posko kesehatan dan tempat istirahat di area pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. Posko ini dibuat untuk mengantisipasi keadaan darurat yang dialami pendaki. BPBD juga mengimbau pendaki tidak membuat api unggun yang mungkin menyebabkan kebakaran hutan.

Sebagai informasi, Gunung Lawu berada di tiga kabupaten, Magetan dan Ngawi di Jawa Timur serta Karanganyar, Jawa Tengah. Gunung setinggi 3.265 mdpl itu memiliki lima jalur pendakian. Dua di karanganyar, yakni Cemoro Kandang dan Candi Cetho.

Sedangkan dua jalur pendakian Gunung Lawu di Magetan, yakni Cemoro Sewu dan terbaru di Singolangu yang merupakan petilasan Raja Brawijaya. Jalur terakhir berada di Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur.

Dikutip dari Okezone, mendaki Gunung Lawu di malam 1 Sura merupakan kebiasaan masyarakat lokal. Hal itu dilakukan sebagai wujud pelestarian tradisi leluhur. Biasanya, para pendaki akan berziarah ke tempat sakral hingga bersemedi dan berdoa meminta kehidupan yang lebih baik.

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Pameran UVO 2021, Perajin : Lebih Praktis, Bisa Promosi dari Rumah

Para perajin usaha kecil menengah (UKM), merasa terbantu dengan gelaran UKM Virtual Expo (UVO) II 2021 yang diselenggarakan Pemprov Jateng.

Coldplay Tiba-Tiba Colek Presiden Jokowi di Twitter, Ada Apa?

Band asal Inggirs, Coldplay lewat cuitan Twitter mengajak Presiden Jokowi untuk mengikuti Acara Global Citizen Live.

Liga 2 Kian Dekat, Tunggakan Gaji Pemain Persis Solo Musim Lalu Belum Beres

Manajemen Persis Solo musim lalu menunggak gaji 18 pemain sekitar enam bulan.

Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Seperti Diidap Legenda Bulutangkis Verawaty Fajrin

Mantan atlet bulutangkis Verawaty Fajrin didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak Maret 2020 lalu.

Diberi Gelar Kanjeng Pangeran, Gibran Juga Dapat Pesan ini Dari Raja Keraton Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat beberapa pesan dan arahan seusai menerima gelar Kanjeng Pangeran dari Raja Keraton Solo.

Suzuki Lakukan Product Quality Update Untuk Jimny

Terkait Product Quality Update, Suzuki akan melakukan perbaikan kualitas produk terhadap model Jimny yang dijual di Indonesia.

Catat! Syarat Masuk Pasar Klewer Solo Akan Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menyebut perlunya penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk masuk ke Pasar Klewer.

Kasus Perusakan Nisan Makam, Permakaman Muslim Polokarto Sukoharjo Punya Aturan Ketat

Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, yang sebelumnya dilaporkan terdapat kasus perusakan makam, memiliki sejumlah aturan ketat.

Puan Maharani Terima Beasiswa PIP, Begini Kisahnya...

Rano Karno mengaku terkejut ketika ada pelajar bernama Puan Maharani dan masuk dalam program PIP.

Warga Blora Senang Diajari Buat POC dan Pestisida Nabati oleh KKN UNS Tim 28

Mahasiswa KKN UNS Tim 28 mengajarkan pembuatan pembuatan pupuk organic cair (POC) dan pestisida nabati di Dukuh Beran, Randublatung, Blora.

Kembali Dilonggarkan, Hajatan di Solo Boleh Undang 50 Orang

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali melonggarkan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada pekan ini.

Operasi Patuh Semeru Digelar di Madiun, Ini Targetnya

Polres Madiun menggelar Operasi Patuh Semeru 2021 selama dua pekan, mulai Senin (20/9/2021) dengan fokus razia protokol kesehatan.

Panas Lur...! BMKG Ingatkan Suhu Udara Jateng Bisa Capai 37 Derajat Celsius sampai Oktober

BMKG Jateng mengingatkan akan adanya peningkatan suhu udara, bahkan bisa mencapai 37 derajat Celcius hingga Oktober mendatang.

Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Mempunyai peran yang begitu besar dalam suksesnya usaha, bagaimana sih cara mendapatkan mentor bisnis yang tepat bagi pelaku UMKM?

Penutupan Dam Colo Sukoharjo Mundur 10 Hari, Ini Penyebabnya

Penutupan aliran saluran irigasi Dam Colo, Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mundur 10 hari dari jadwal sebelumnya akan ditutup pada 1 Oktober 2021.