SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Arus balik Lebaran 2019 di wilayah Boyolali terpusat di jalur tol namun landai di jalan arteri. Kepadatan arus mudik ini akan terjadi hingga Minggu (8/6/2019) yang merupakan hari terakhir libur lebaran.

Pantauan Solopos.com, antrean kendaraan terjadi di exit tol Boyolali. Dengan dua pintu keluar yang dibuka, kendaraan mengular hingga sekitar 100 meter. Akibatnya, kepadatan juga terjadi di wilayah Kragilan hingga berbelok ke barat menuju kawasan Alun-Alun Utara dan pertigaan Tegalwire lalu mengarah ke dalam kota.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski demikian, arus kendaraan setelah exit tol terpecah menjadi dua yaitu ke arah barat menuju kota dan ke selatan menuju pertigaan Wika atau Mojosongo. Di pertigaan Wika, antrean kendaraan dari arah tol mencapai 500 meter.  

Kepadatan kendaraan di wilayah Kragilan tidak hanya berasal dari pintu keluar tol, namun juga sebaliknya yang akan menuju gerbang tol Boyolali. Kendaraan yang melintas masih didominasi berasal dari luar Boyolali seperti pelat B, AB, H, dan L.

Informasi yang dihimpun di pospam exit tol Boyolali, arus balik Lebaran mulai tampak sejak Jumat (7/6/2019) lalu. Sebanyak 8.478 kendaraan keluar dari gerbang tol Boyolali, sementara kendaraan masuk mencapai 6.115. Kepadatan ini terjadi sepanjang hari mengingat rata-rata pada pukul 06.00-12.00 WIB, 4.000-an kendaraan keluar dari gerbang tol Boyolali dan 3.000-an kendaraan masuk pintu tol. Volume yang sama terjadi pada pukul 12.00-18.00 WIB.

Sementara itu pada Sabtu (8/6/2019) jumlah kendaraan yang masuk ke pintu tol meningkat hingga 4.950 kendaraan pada pagi hingga siang. Namun volume kendaraan keluar justru turun menjadi 2.978 kendaraan.

Kasatlantas Polres Boyolali AKP Febriyani Aer mewakili Kapolres AKBP Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan tahun ini arus mudik dan balik lebaran memang berpusat pada jalur tol. Kondisi ini cukup berdampak pada kepadatan di jalur arteri, baik lingkar utara, lingkar selatan, maupun dalam kota.

“Untuk kendaraan yang lewat jalur arteri dan di luar tol landai dan tidak terjadi kemacetan,” ujar Febriyani kepada Solopos.com di Pospam exit tol Boyolali, Sabtu.

Sejauh ini, imbuh Febby, sejunlah 9.000 lebih kendaraan sudah melalui exit tol Boyolali sejak Jumat sore. Sementara itu di pospam yang lain seperti terminal dan wilayah Ampel, arus lalu-lintas berjalan normal. “Untuk yang lain karena arus normal penghitungan volume kendaraan dipusatkan di tol,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya