Jelang Libur Panjang, Tes Swab Digelar di Terminal Wonogiri
Penumpang kedatangan saat menjalani tes swab di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Selasa (27/10/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Jelang libur panjang, Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Satuan Tugas Covid-19 melakukan tes swab di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Selasa (27/10/2020).

Tes swab menyasar kepada penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), baik kedatangan maupun keberangkatan. Tes swab dilakukan secara acak dengan terget 400 orang yang menjalani tes tersebut.

Tes swab yang dilakukan di Terminal Wonogiri pada hari ini berbeda dengan tes swab yang dilakukan di terminal pada, Kamis (15/10/2020) lalu. Jika sebelumnya hanya menyasar kepada penumpang kedatangan, kali ini tes juga menyasar kepada penumpang keberangkatan.

Waspada Warga Wonogiri! Pancaroba Berpotensi Angin Kencang, Awasi Pohon dan Baliho

Saat itu, tes swab dilakukan menggunakan mobil swab keliling dari Provinsi Jawa Tengah untuk mempercepat pengecekan spesimen. Namun pada saat ini petugas yang melakukan uji swab dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri.

Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa, mengatakan tes swab yang menyasar kepada penumpang bus AKAP tersebut merupakan upaya antisipasi untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 menjelang libur panjang pada pekan ini.

Selain kepada penumpang, tes swab juga menyasar kepada sopir dan kru bus. "Kalau tes swab beberapa waktu lalu di terminal hasilnya langsung keluar pada malam harinya. Karena menggunakan mobil swab keliling. Tapi kalau saat ini menunggu dua hingga tiga hari. Karena dikirim ke laboratorium dulu," ungkap Edy.

Menurut Edy, pada penumpang keberangkatan, jumlah penumpang yang menjalani tes swab sebanyak 206 orang. Hingga berita ini ditulis, uji swab kepada penumpang kedatangan masih berlangsung.

"Penumpang yang menjalani tes swab diperintahkan untuk menjalani karantina mandiri sembari menunggu hasil tes swab keluar. Hasil akan diinformasikan ke Puskesmas di wilayah mereka masing-masing," ujar dia.

Koordinasi dengan Satgas

Sementara itu, hasil swab bagi penumpang keberangkatan akan dikomunikasikan dengan Satgas wilayah tujuan masing-masing penumpang. Begitu juga dengan hasil tesnya.

"Kami akan memantau data produksi penumpang terminal selama libur panjang. Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan tes swab kembali di terminal saat puncak arus balik," kata Edy.

Waduh! Pasien Positif Covid-19 Asal Jebres Kabur Dari RSUD dr Moewardi Solo

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan pihaknya akan terus melakukan pemantauan jumlah penumpang. Ia berharap para penumpang bisa menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk tes swab ini kami hanya menyediakan tempat. Tentu kami mendukung penuh langkah yang dilakukan pemkab dan satgas Wonogiri," kata Agus.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom