Kategori: Wonogiri

Jelang Libur Nataru, Jumlah Pemudik di Terminal Wonogiri Mulai Meningkat


Solopos.com/Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI -- Jumlah penumpang kedatangan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri mulai mengalami peningkatan jelang Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Di sisi lain penumpang keberangkatan juga mengalami peningkatan.

Berdasarkan data produksi Terminal Giri Adipura Wonogiri, pada Minggu (20/12/2020), jumlah penumpang kedatangan dari Jabodetabek dan Bandung mencapai 2.326 orang dengan jumlah bus 115 unit. Sedangkan penumpang keberangkatan mencapai 2.326 orang dengan jumlah bus 132 unit.

Hari Pertama Buka, Warga Solo Rela Menunggu Untuk Jajal Flyover Purwosari

Sedangkan pada hari sebelumnya, Sabtu (19/12/2020), jumlah penumpang kedatangan hanya 1.410 orang dengan jumlah bus 85 unit. Sedangkan jumlah penumpang keberangkatan sebanyak 1.807 orang dengan jumlah bus 121 unit.

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan selain menjelang libur Nataru, peningkatan jumlah penumpang terjadi juga karena weekand (Minggu).

"Hari ini juga terlihat ramai untuk penumpang keberangkatan. Kalau penumpang kedatangan belum terlihat, karena datangnya sore dan malam hari. Yang jelas Minggu itu ada peningkatan penumpang, baik kedatangan maupun keberangkatan," kata dia kepada wartawan, Senin (21/12/2020).

Protokol Kesehatan

Menurut Agus, ramainya penumpang keberangkatan pada Senin, diprediksi bisa mencapai 1.500 orang. Menghadapi libur Nataru, menurut Agus, di kawasan Terminal Wonogiri telah disiapkan posko pendataan jumlah penumpang. Selain itu, persiapan yang dilakukan yakni penerapan protokol kesehatan dengan ketat di lingkungan terminal.

Kursi bagi penumpang di ruang tunggu sudah diberi tanda khusus agar ada jaraknya. Selain itu, beberapa tempat cuci tangan dan hand sanitizer telah disediakan di beberapa lokasi.

"Kami siapkan betul protokol kesehatan di area terminal. Namun kami berharap para penumpang bisa menerapkan 3M [mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak] dengan baik. Ini demi meminimalkan potensi penularan covid-19 di terminal," ungkap dia.

Ini Jadwal & Lokasi Rapid Test Antigen Massal di Jateng pada Momen Libur Ntaru

Instruksi dari pemerintah pusat, kata Agus, untuk sementara ini agara semua petugas dan penumpang di terminal taat dengan protokol kesehatan. Belum ada petunjuk terkait pengecekan syarat administrasi seperti surat telah melakukan rapid test antigen bagi para penumpang.

"Dalam waktu dekat, kami akan mengadakan pemeriksaan kelayakan armada yang digunakan untuk mengangkut para penumpang saat Nataru. Kalau kebijakan ini untuk meminimalkan potensi kecelakaan," kata Agus.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi