SOLOPOS.COM - Petugas Dishub Kota Semarang tengah melakukan pemeriksaan atau ramp check bus pariwisata di Kaligawe, Kamis (9/12/2022). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), berupaya memastikan masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru berjalan lancar. Salah satu upaya itu ditunjukkan Dishub Kota Semarang dengan melakukan kegiatan ramp check terhadap bus pariwisata yang perusahaannya ada di Kota Semarang, Jumat (9/12/2022).

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Umum Dishub Kota Semarang, Deda Bambang Hartono, mengatakan pengecekan itu sebagai langkah antisipasi kecelakaan, terutama yang melibatkan bus pariwisata. Oleh karenanya, pihaknya pun melakukan pemeriksaan dengan mendatangi sejumlah pool bus pariwisata yang ada di Kota Semarang, seperti di Kaligawe.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini kegiatan rutin, jelang libur nasional seperti Nataru dan Idul Fitri. Mengingat saat libur panjang animo masyarakat menyewa bus wisata yg melancong cukup tinggi,” kata Dede, Jumat (9/12/2022).

Dede menerangkan, sebagai kepanjangtanganan pemerintah di sektor transportasi, sudah menjadi kewajiban Dishub untuk melakukan pengawasan terhadap keselamatan dan kenyamanan sektor jasa transportasi bagi masyarakat.

Dalam ramp check ini, petugas memeriksa kelaikan armada yang meliputi antara lain fungsi rem, lampu, klakson, wiper, ban dan komponen lain.

Baca juga: Imbas Kecelakaan Bus di Sarangan, Pemilik Bus Wisata Mulai Sulit Cari Pelanggan

“Kami juga mengimbau pengusaha transportasi untuk hanya menugaskan pengemudi yang benar-benar siap bertugas di belakang kemudi,” ujarnya.

“Artinya pengemudi yang ditugaskan benar-benar sehat secara fisik maupun psikis. Tidak sedang menderita sakit flu misalnya maupun tidak sedang menghadapi permasalahan-permasalahan pribadi,” imbuhnya.

Dishub juga mengimbau pengguna sarana trabsportasi waspada dan selalu melakukan pengawasan. “Agar tidak terjadi kecelakaan seperti di Magetan beberapa waktu lalu. Misalnya kalau mengantuk diingatkan untuk beristirahat ,” tuntas Dede.

Baca juga: Bus Pariwisata Semarang Kecelakan di Sarangan, Begini Respons Dishub

Sekadar informasi, kecelakaan maut menimpa bus pariwisata PO Semeru Putra Transindo yang mengangkut rombongan asal Kota Semarang di Jalan Raya Sarangan, Magetan, Jawa Timur (Jatim), Minggu (4/12/2022). Dalam peristiwa itu, sebanyak tujuh orang meninggal yang seluruhnya merupakan warga Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya