Kategori: Karanganyar

Jelang Libur Akhir Tahun, Hotel dan Villa Tawangmangu Mulai Dipesan


Solopos.com/Candra Mantovani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Libur akhir tahun masih satu bulan lebih, namun atmosfernya sudah mulai terasa di Tawangmangu, Karanganyar. Sejumlah hotel dan villa di kawasan wisata di lereng Gunung Lawu ini sudah dipesan (booking) oleh wistawan yang berencana menghabiskan akhir tahun di Karanganyar.

Kondisi ini menjadi sinyal positif bangkitnya kembali sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Marketing Communication Nava Hotel Tawangmangu, Devi Susanti, mengatakan kamar hotelnya sudah banyak dipesan mulai periode Senin (21/12/2020) hingga awal Januari 2021. Tanggal tersebut, menurutnya, merupakan momen yang rutin terjadi ketika libur akhir tahun.

Di Nglegok, BPBD Karanganyar Bentuk Desa Tangguh Bencana

“Itu memang momen high season. Ini sudah mulai banyak yang booking kamar untuk hari-hari tersebut. Memang tidak semua hari sudah penuh. Tapi memang sudah banyak yang memesan,” terang dia kepada Solopos.com, Kamis (12/11/2020).

Protokol Kesehatan

Mengantisipasi potensi banyaknya tamu dari luar kota yang datang, Devi menjelaskan Nava Hotel menerapkan filtering untuk tamu yang memesan saat booking dan datang ke hotel. Untuk rombongan diwajibkan menunjukan surat rapid test atau swab test. Sedangkan untuk keluarga direkomendasikan untuk membawa persyaratan yang sama.

“Kalau untuk rombongan jumlah banyak itu sudah pasti [surat rapid test/swab test]. Tapi kalau keluarga atau individu bukan kewajiban. Karena kami di sini juga menerapkan screening medis juga, jadi bisa dipantau,” beber dia.

Guru Honorer Karanganyar Nantikan Kesejahteraan, Begini Pengakuan GTT

Sementara itu, Marketing Facade Hotel Tawangmangu, Bhaskara Tungga Nugraha, menjelaskan di tempatnya baru belasan orang yang sudah memesan kamar untuk liburan akhir tahun. Menurutnya, arus pemesanan akan mulai terlihat pada H-7 libur panjang.

“Masih sedikit yang pesan untuk tempat kami. Tapi kemungkinan H-7 sudah mulai terlihat tanda-tandanya,” kata dia.

Sementara itu, pemilik Villa Lumayan, Tawangmangu, Kasmidi, mengatakan meskipun belum ada yang memesan, namun sudah ada banyak yang menghubunginya untuk menanyakan ketersediaan kamar.

Bupati Karanganyar Tolak Usulan Satpol PP Larang Hajatan

“Masih baru tanya-tanya. Belum sampai memesan, jadi sampai saat ini masih kosong,” ucapnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Kaled Hasby Ashshidiqy