SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Menjelang Lebaran. masyarakat diminta mewaspadai penyakit menular yang mungkin dibawa masyarakat dari luar kota. Salah satunya adalah difteri, yang saat ini menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa Timur.

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama mengatakan, mendekati Lebaran banyak orang yang datang dari luar SLeman. “Kewaspadaan tanggap bahaya penyakit menular harus ditingkatkan, seperti difteri yang saat ini KLB di Jawa Timur,” katanya di sela-sela acara buka bersama Pemkab Sleman, Sabtu (13/8).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Difteri adalah suatu infeksi akut pada saluran pernafasan dan lebih sering menyerang anak-anak. Penularan difteri biasanya terjadi melalui percikan ludah dari orang yang membawa kuman ke orang lain yang sehat dan melalui makanan yang terkontaminasi.

Menurut Cahyo, penyakit ini ditandai timbulnya selaput membran putih di tenggorokan dan sesak napas. Tetapi tidak jarang racun juga menyerang kulit dan menyebabkan kerusakan saraf dan jantung.

Jika mengalami hal tersebut, disarankan untuk datang ke dokter. Dinkes Sleman selama Lebaran nanti juga membuka 25 Puskesmas selama 24 jam untuk masyarakat di wilayah masing-masing. (Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya