SOLOPOS.COM - Ikan salmon (freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Lebaran sudah di depan mata, tak ada salahnya Anda menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi, salah satunya adalah ikan. Lalu ikan apa sajakahyang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh?

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Menjaga imunitas tubuh menjadi salah satu hal yang tentunya tetap penting untuk diperhatikan. Apalagi, semua umat Muslim tentunya ingin merayakan hari Lebaran dengan tubuh yang sehat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu hal yang harus diperhatikan agar imunitas tubuh tetap terjaga adalah dengan menjaga pola makan. Makanan kaya akan protein bisa menjadi salah satu jenis makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: 3 Resep Kue Kering Rendah Gula untuk Lebaran

Pasalnya, protein bisa membantu memperbaiki jaringan tubuh serta melawan infeksi akibat virus dan bakteri. Protein juga berperan sebagai pembangkit antibodi. Di sisi lain, kurang asupan protein bisa menyebabkan munculnya gejala kelelahan.

Ikan bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang kaya akan sumber protein. Oleh sebab itu, untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit saat merayakan Lebaran nanti, umat Muslim bisa mengonsumsi ikan saat sahur dan berbuka puasa.

Nah, agar imunitas tubuh tetap terjaga sebaiknya simak nih tips sehat kali ini. Dikutip dari Men’s Journal dan detikcom, Rabu (12/5/2021), berikut 4 jenis ikan yang kaya akan sumber protein dan bisa menjaga daya tahan tubuh:

1. Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein baik yang bisa ditambahkan sebagai menu diet. Dalam setiap sajian 6 ons ikan salmon, ternyata bisa memenuhi kebutuhan protein harian hingga 38 gram, lho.

2. Tuna

Ikan favorit banyak orang yang kerap dijadikan sebagai steak ini ternyata tak hanya nikmat, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat nutrisi sehingga cocok untuk jaga imunitas tubuh jelang Lebaran. Ikan tuna mengandung protein hingga 50 gram dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, B6, dan B12.

Baca Juga: Komorbid Diabetes Berisiko Fatal Saat Kena Covid-19

3. Makarel

Dalam setiap 6 ons sajian ikan makarel ternyata mengandung sebanyak 32 gram protein, lho. Selain itu, makarel juga mengandung nutrisi penting lainnya bagi tubuh, mulai dari magnesium, hingga vitamin B6, B12, dan D.

4. Sarden

Ikan yang mirip dengan ikan makarel ini juga cocok untuk jaga imunitas tubuh jelang Lebaran lantaran kandungan nutrisinya tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, ikan sarden mengandung hingga 42 gram protein dalam setiap ons sajiannya. Selain itu, sarden juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti kalsium dan vitamin B12.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya