SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembelian BBM (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harianjogja.com, SEMARANG—PT Pertamina mengimbau masyarakat mengisi bahan bakar minyak di kendaraannya sebelum kondisinya kritis agar tidak terjadi penumpukan atau antrean panjang di stasiun pengisian bahan bakar umum.
“Terutama pada saat jelang Lebaran akan terjadi peningkatan antrean di hampir setiap SPBU, harapan kami tentu masyarakat bisa lebih kooperatif dengan tidak menunggu bahan bakar kendaraan mereka hampir habis baru kemudian mengisinya,” ujar General Manajer Pertamina Marketing Operation Regional IV Jateng dan DIY Subagjo Hari Moeljanto di Semarang, Jumat (18/7/2014).

Untuk memastikan keamanan pasokan pada Lebaran mendatang, pihaknya terus melakukan safari Ramadhan yang bertujuan melakukan pengecekan jalur mudik dan arus balik di wilayah Jateng pada 12-22 Juli.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada kegiatan safari Ramadhan tersebut GM dan tim manajemen bersilaturahmi sekaligus melakukan pengecekan kesiapan sarana dan fasilitas di unit-unit operasi Pertamina di wilayah Jateng dan DIY,” katanya.

Hari mengatakan untuk pengamanan stok tersebut, Pertamina juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, terutama dengan Gubernur Jateng dan Kapolda Jateng mengenai fasilitas untuk pengamanan arus mudik dan jelang Lebaran.

“Mengenai pengamanan stok ini, kami tidak hanya melakukannya pada jelang Lebaran, tetapi juga pada arus balik mendatang, prediksi kami untuk arus balik justru tingkat konsumsi BBM lebih besar dibandingkan saat mudik,” katanya.

Mengenai kondisi hari “H” Lebaran, ia mengatakan jika melihat tahun lalu justru akan ada penurunan mencapai 3-4 persen, meskipun demikian pihaknya tetap akan melakukan langkah antisipasi dengan menambah pasokan khusus saat Hari Lebaran, sebanyak lima persen.

“Kami tidak ingin masyarakat kekurangan BBM justru pada saat hari ‘H’ Lebaran, tetapi kalau melihat tahun lalu memang ada penurunan permintaan karena mereka sudah menyetok sebelum Lebaran,” katanya.

Agar operasional SPBU mitra tetap berjalan lancar, selama masa cuti bersama, yaitu 26 Juli-1 Agustus 2014, bank-bank mitra Pertamina akan tetap melayani transaksi perbankan untuk penebusan produk BBM dan non-BBM. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya