SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebutuhan pokok masyarakat. (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, PURWOKERTO —Jelang Lebaran, harga sejumlah komoditas kebutuhan di sejumlah pasar tradisional di Purwokerto relatif stabil.

Pantauan Bank Indonesia Purwokerto hingga Minggu (20/7/2014), beberapa komoditas sempat naik harga menjelang awal Ramadan atau bulan Juli, namun kembali turun di pertengahan Ramadan dan hingga pemantauan di minggu ketiga bulan puasa itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang secara rutin dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto hingga minggu ketiga Juni 2014, tidak tampak terjadi gejolak harga pada komoditas pokok,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Purwokerto Fadhil Nugroho.

Dari hasil pemantauan BI, harga beras jenis medium I sempat meningkat menjadi Rp8.200 per kilogram dari Rp8.150/kg di awal Ramadan namun kemudian turun menjadi Rp8.000/kg dan kembali turun menjadi Rp7.950/kg di minggu ketiga Ramadan.
“Kondisi yang sama juga terjadi pada komoditas daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah besar maupun keriting, cabai rawit merah, dan bawang putih. Khusus cabai rawit hijau dan bawang merah pada minggu ketiga Ramadan memang kembali meningkat, namun harga yang terjadi masih lebih rendah dibandingkan harga minggu keempat Juni,” katanya. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya