SOLOPOS.COM - Jumlah penumpang kereta api (KA) jarak jauh masih stabil jelang larangan mudik Lebaran pada 6 - 17 Mei 2021. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Jumlah penumpang kereta api (KA) jarak jauh masih stabil jelang larangan mudik Lebaran pada 6 - 17 Mei 2021. Selain itu, penjualan tiket masih sekitar 20% - 30% dari jumlah tiket yang KAI sediakan untuk keberangkatan hingga 5 Mei 2021.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan selama 1 pekan beroperasinya KA pada Ramadan periode 13 - 20 April 2021, pihaknya rata-rata melayani 28.000 pelanggan KA jarak jauh perhari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jumlah tersebut masih stabil dengan rata-rata pelanggan KA jarak jauh perhari pada April berada di sekitar 30.000 pelanggan per hari. Jadwal dan pemesanan tiket KA bisa diakses melalui aplikasi KAI Access,” ujar dia, kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: UMKM Indonesia Dinilai Susah Ekspor, Ini 5 Biang Keladinya

Joni menjelaskan untuk penjualan tiket keberangkatan 21 April - 5 Mei 2021, sejauh ini masih belum ada peningkatan yang signifikan. Tiket yang terjual masih sekitar 20-30% dari jumlah yang KAI sediakan. Menurutnya, angka tersebut akan terus meningkat karena penjualan tiket masih berlangsung.

Pihaknya mencatat volume pelanggan KA jarak jauh masih normal, tidak ada peningkatan yang signifikan menjelang dimulainya pemberlakuan pembatasan transportasi kereta api pada 6 - 17 Mei 2021. Sejauh ini KAI tetap mengoperasikan kereta api dengan normal sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“KAI mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah dalam hal penanganan Covid-19 pada moda transportasi KA,” imbuh dia.

Baca Juga: Disebut Sebagai Calon Kuat Menteri Investasi, Bahlil Pernah Jadi Sopir Angkot

Ornamen Ramadan

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Supriyanto, menambahkan jumlah penumpang KA jarak jauh yang dijadwalkan melalui wilayahnya pada periode 22 April - 5 Mei 2021 sebanyak 31.123 orang per 21 April 2021.

Jumlah ini terdiri dari penumpang yang naik sebanyak 14.991 orang dan penumpang yang turun sebanyak 16.132 orang. “Tiket KA jarak jauh masih banyak tersedia hingga 5 Mei 2021,” ungkap dia.

Di sisi lain, PT KAI memeriahkan momen bulan puasa dengan menghadirkan ornamen Ramadan pada lokomotif, kereta, dan stasiun. Tujuannya agar pelanggan dapat merasakan nuansa Ramadan saat berada di stasiun maupun di atas kereta api.

Baca Juga: Tarif BPJS Kesehatan Kelas III Naik Rp9.500, Ini Daftar Lengkapnya

Menurutnya, pemasangan hiasan Ramadan di berbagai titik pelayanan KAI ini merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama momen puasa pada 2021.

KAI memasang livery (corak) khusus Ramadan pada lokomotif yang dirangkaikan pada 2 rangkaian KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi pergi pulang), 2 rangkaian KA Bima (Gambir-Surabaya Gubeng PP), 2 rangkaian KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung PP), 2 rangkaian KA Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng PP), 2 rangkaian KA Argo Dwipangga (Solo-Gambir PP), dan 1 rangkaian KA Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan PP).

Baca Juga: Tanamkan Empati, Kunci Sih Yuanti Pimpin BPR Artha Sari Sentosa Hadapi Dampak Pandemi

Selain itu, KAI juga memasang ornamen khusus Ramadan pada interior kereta api serta di 25 stasiun seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, dan lainnya. Sebelumnya, KAI juga pernah melakukan inovasi serupa dengan memasang livery dan ornamen khusus saat momen Natal dan Tahun Baru 2021 yang lalu.

“Kami harap dengan hadirnya ornamen dengan tema Ramadan di lokomotif, kereta, dan stasiun dapat turut menyemarakkan hadirnya bulan suci bagi para pelanggan KAI,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya