Kategori: Bola

JELANG INDONESIA VS IRAK : Tanpa Suporter, Timnas Tetap Maksimal


Solopos.com/Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia akan berusaha tampil maksimal saat menghadapi Irak pada lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (19/11/2013). Meskipun, dalam laga yang rencana disiarkan SCTV secara langsung mulai pukul 18.30 WIB itu, skuat Garuda akan minus dukungan para suporter setianya.

Indonesia akan kembali menjalani laga tanpa dukungan penonton. Ini merupakan buntut sanksi AFC karena penonton Indonesia menyalakan petasan dan kembang api saat menjamu Arab Saudi, beberapa waktu lalu.

Sanksi diberikan kepada Indonesia dalam dua pertandingan. Sanksi pertama telah dilakoni saat Indonesia menjamu China, medio Oktober lalu.

Meski tak didukung penonton fanatiknya, bukan alasan Indonesia menyerah oleh kekuatan Irak. Skuat besutan Jacksen F. Tiago ini justru bertekad mengalahkan Irak untuk meraih kemenangan perdananya di babak kualifikasi Piala Asia.

“Memang kami baru saja datang dari China. Tapi kami sudah melakukan evaluasi serta persiapan untuk menghadapi Irak yang salah satunya mempelajari rekaman pertandingan. Yang jelas kami akan bermain maksimal,” kata Jacksen, dilansir Antara, Senin (18/11/2013).

Sebelumnya, menghadapi Irak, skuat Garuda harus menelan pil pahit setelah kalah tipis 0-1 dari tuan rumah China, Jumat (15/11/2013). Kekalahan ini membuat timnas terpuruk di dasar klasemen Grup C dengan satu poin. Meski kalah, permainan I Made Wirawan dan kawan-kawan dinilai mulai menunjukkan peningkatan.

Pelatih asal Brasil itu menegaskan, khusus untuk menghadapi Irak pihaknya akan menurunkan formasi terbaik. Apalagi 24 pemain yang ada dalam kondisi fit dan siap tempur.

“Pemain semua sehat. Semoga mereka memberikan yang terbaik. Yang jelas kami sudah mendapatkan masukan dari jajaran pelatih maupun pemain terkait dengan kekuatan calon lawan,” kata pria yang membawa Persipura juara kompetisi ISL itu.

Peluang Timnas Garuda untuk lolos ke putaran final memang sudah tertutup pasca kekalahan dari China beberapa hari yang lalu. Meski demikian, Jacksen F Tiago tetap meminta anak asuhnya untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Share