SOLOPOS.COM - Puluhan hewan ternak diperjualbelikan di Pasar Legi Pengasih, Kulonprogo, Senin (28/12/2015). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Dinas Pertanian dan Pangan (PP) Kulonprogo mengintensifkan pemantauan kesehatan ternak

Harianjogja.com, KULONPROGO– Dinas Pertanian dan Pangan (PP) Kulonprogo mengintensifkan pemantauan kesehatan ternak, menjelang Idul Adha 1438 H, yang akan jatuh pada September mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Drajat Purbadi mengungkapkan, upaya pengawasan hewan kurban dilakukan oleh tim pemantau. Tim tersebut beranggotan Pemantauan dilakukan di tempat penampungan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tim pemantau hewan kurban beranggotakan sekitar 150-an orang, meliputi dokter hewan, petugas kesehatan hewan, para kader kesehatan hewan, perangkat desa dan para mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM,” kata Drajat Purbadi, Selasa (1/8/2017).

Menurutnya, sekitar satu minggu sebelum Iduladha akan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan ternak di tempat penampungan ternak. Hanya ternak dalam kondisi sehat yang boleh untuk hewan kurban. Selain itu, tim ini akan memantau teknik pemotongan hewan dan melakukan memeriksa daging kurban.

Berdasarkan pemantauan di 1.322 tempat pemotongan kurban, pada Idul Adha 1437 H/2016 lalu, terdapat 8.375 ekor ternak yang dipotong, terdiri dari sapi, kambing dan domba.

Dari hasil pemeriksaan total 2.262 daging sapi yang dipotong, sekitar 7,24% atau 171 di antaranya, positif terkena cacing hati. Sedangkan dari 1.777 ekor domba yang dipotong, ditemukan empat yang mengandung cacing pita. Dan terdapat sembilan kambing positif cacing pita dari total 4.236 kambing yang dipotong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya