Jelang Iduladha, Jakarta Jadi Kota dengan Polusi Tertinggi

Selama beberapa pekan terakhir, kualitas udara di Jakarta bertengger pada level merah. Pada Sabtu (10/8/2019) pagi, tingkat polusi di Jakarta menjadi urutan pertama paling tidak sehat di seluruh negara menurut data AirVisual.

Jelang Iduladha, Jakarta Jadi Kota dengan Polusi Tertinggi

SOLOPOS.COM - Suasana gedung-gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Senin (29/7/2019). (Antarafoto-Indrianto Eko Suwarso)

Solopos.com, JAKARTA – Selama beberapa pekan terakhir, kualitas udara di Jakarta bertengger pada level merah. Pada Sabtu (10/8/2019) pagi, tingkat polusi di Jakarta menjadi urutan pertama paling tidak sehat di seluruh negara menurut data AirVisual.

Dipantau Solopos.com melalui laman airvisual.com, Sabtu (10/8/2019), dalam data World Air Quality Index (AQI) Ranking, kualitas udara di Jakarta berada di level merah dengan angka 175 atau tidak sehat dengan parameter PM2.5 konsentrasi 92,4 mikrogram/m3.

AQI merupakan sebuah indeks yang melaporkan kualitas udara harian di seluruh dunia yang dibuat oleh Amerika Serikat. Dengan AQI Anda dapat mengetahui seberapa bersih atau seberapa tercemar kualitas udara di wilayah Anda.

Menurut Dalam angka tolok ukur, AQI memmpunyai rentang nilai antara 0-500. Semakin tinggi nilai AQI, maka semakin besar tingkat polusi udara dan semakin besar masalah kesehatan yang akan Anda hadapi.

Nilai AQI 0-50 dikategorikan dengan kualitas udara yang baik, 51-100 dikategorikan dalam posisi sedang, 101-150 dikategorikan sebagai tidak sehat di beberapa golongan, nilai 151-200 dikategorikan sebagai tidak sehat, 201-300 dikategorikan sebagai sangat tidak sehat, dan nilai lebih dari 300 dikategorikan sebagai paling berbahaya, sebagaimana tertulis dalam Air Quality Index (AQI) Basics.

Diberitakan oleh Detik.com, sebenarnya Pemprov DKI Jakarta sudah membuat sejumlah langkah untuk mengurangi polusi udara, bahkan sudah tertulis dalam Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Langkah tersebut terdiri dari pembatasan kendaraan yang beroperasi, memperketat uji emisi, meningkatkan tarif parkir di sejumlah likasi, meningkatkan fasilitas pejalan kaki dan transportasi umum, memperketat aturan bagi pabrik, dan penghijauan di sejumlah lokasi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.

Pembangunan Fisik Capai 95%, Bendungan Bendo Ponorogo Mulai Diisi Air

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, mulai diisi air awal atau impounding, Sabtu (31/7/2021)

Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Seorang remaja meninggal setelah menabrak pohon perindang di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Wagub DKI Jakarta menegaskan wilayahnya tidak akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan karena sederet jurus pencegahan yang dilakukan.

Warga Karangudi Jadi Korban ke-19 yang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Warga Desa Karangudi, menjadi korban meninggal tersetrum jebakan tikus berlistrik ke-19 dalam kurun waktu dua tahun terakhir di Sragen.

BSI Muda Galakkan Sedekah 3 In 1, Sekali Bantu Untuk UMKM, Isoman, dan Ojol

Bank Syariah Indonesia (BSI) membagikan 200 paket isoman untuk masyarakat yang membutuhkan di kawasan Tanah Abang Jakarta.