SOLOPOS.COM - Ilustrasi hewan kurban (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menjelang Iduladha, harga hewan kurban berupa sapi dan kambing umumnya mengalami kenaikan signifikan. Hal tersebut juga terjadi di berbagai daerah di Soloraya.

Harga jual hewan kurban berupa sapi di Soloraya di tahun ini umumnya di atas Rp20 juta per ekor. Sedangkan, hewan kambing biasanya senilai Rp2 juta-an.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana diketahui, daerah Soloraya meliputi Kota Solo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Wonogiri.

Di Boyolali, harga kambing dan sapi kemungkinan akan terus naik seiring mendekati Iduladha. Salah satu peternak sapi dari Kakung Farm asal Kebongulo, Musuk, Boyolali, Drajat Tri Wibowo, menuturkan untuk sapi jenis Friesian Holstein (FH) saat ini dijual dengan harga Rp17 juta-Rp22 juta per ekor.

“Normalnya mungkin selisih Rp1 juta. Untuk sapi kelas pejabat [simmental, PO, dan limosin] itu biasanya berat 700 kilogram sampai satu ton per ekor. Untuk yang 700 kilogram harganya jelang Iduladha ini Rp40 juta per ekor. Yang satu ton Rp125 juta,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di peternakannya, Selasa (6/6/2023).

Sedangkan kambing, harganya sekarang Rp2,5 juta-Rp3,5 juta per ekor (tinggi satu meter).

“Kalau normal harga Rp1,7 juta per ekor sudah bagus,” katanya.

Di Wonogiri, pada tiga pekan menjelang Iduladha harga sapi sudah naik 10%. Harga jual sapi saat ini berkisar Rp20 juta-Rp23 juta per ekor. Sementara harga sapi pada hari-hari biasa Rp18 juta-Rp19 juta per ekor.

Kenaikan harga hewan kurban menjelang Iduladha juga terjadi di Solo, Sragen, Sukoharjo, Klaten, dan Karanganyar juga mengalami kenaikan menjelang Iduladha.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, harga sapi di Sragen saat ini berkisar di atas Rp20 juta per ekor, bahkan ada yang senilai Rp40 juta per ekor (tergantung besar dan kecilnya hewan kurban).

Di Karanganyar, harga sapi umumnya di atas Rp21 juta, sedangkan harga kambing senilai Rp2 juta-an. Harga sapi di Sukoharjo rata-rata juga senilai Rp21 juta per ekor dan harga kambing kurang lebih senilai Rp2 juta (tergantung ukuran besar dan kecilnya hewan kurban).

Hal yang sama juga terjadi di Solo. Hewan kurban jenis sapi di Solo umumnya dijual di atas Rp20 juta per ekor. Begitu juga harga hewan kurban di Klaten. Harga sapi di Klaten umumnya di kisaran Rp20 juta/ekor dan kambing di kisaran 2,5 juta per ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya