SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Ilustrasi (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

BANTUL–Menjelang hari raya Idul Adha 1433 Hijriah, Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul telah menyiapkan petugas kesehatan hewan untuk memantau dan mengawasi penjualan hewan kurban.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dihubungi Harian Jogja, Sabtu (6/10/2012), Kepala Dispertahut Bantul Edy Suhariyanta mengatakan pemantauan tersebut rutin dilakukan tiap tahun demi memastikan kesehatan hewan kurban yang layak dikonsumsi.

“Pemantauan hewan kurban meliputi pengawasan terhadap hewan kurban yang sedang dalam proses dijual. Caranya tentu dengan menjangkau semua tempat penjualan hewan kurban serta mendatangi belantik (pedagang) sapi.”

Dengan mengantongi daftar hewan kurban dari para belantik, maka petugas dari Dispertahut bisa segera memberikan surat keterangan untuk hewan kurban yang sudah memenuhi persyaratan disembelih. Di samping mengawasi peredaran hewan kurban, masih kata Edy, pemantauan hewan kurban juga dilakukan pada hari penyembelihan hewan kurban. Sebab, tidak semua hewan didatangkan dari belantik yang sudah didata.

“Jadi petugas kesehatan diterjunkan dua kali. Kami biasanya juga fokus pada pemantauan penyakit cacing hati,” terang Edy.

Untuk pengawasan hewan kurban di hari penyembelihan, Dispertahut menyiapkan 75 petugas untuk 75 desa di Bantul.

“Kami juga akan dibantu sejumlah mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dari universitas negeri di Jogja. biasanya akan dikirimkan mahasiswa semester enam yang sudah faham kesehatan hewan,” imbuh Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dispertahut Bantul, Witanta, kemarin.

Selain itu, Witanta menambahkan, pihaknya juga akan mengumpulkan para takmir masjid untuk diberikan sosialisasi mengenai cara penanganan hewan kurban yang baik dan benar. “Ada 15 takmir dari Bantul yang akan mengikuti pelatihan dan pembekalan yang diselenggarakan Dinas Pertanian Provinsi. di sana nanti juga ada sosialisasi kepada semua takmir yang dikirimkan masing-masing kabupaten di DIY,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya