SOLOPOS.COM - Efri Meldi (kanan) memberikan bola basket ke pada Jerry Lolowang sebagai tanda pengalihan tampuk pelatih kepala tim Satya Wacana Salatiga Saints di mes pemain, Rabu (15/9/2021). (Istimewa-Humas UKSW Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA – Tim bola basket Satya Wacana Saints Salatiga (SWSS) melakukan perombakan pelatih jelang bergulirnya Indonesia Basketball League (IBL) musim 2022. Tim basket profesional milik Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) itu mengganti posisi head coach, atau pelatih kepala dari Efri Meldi kepada Jerry Lolowang.

Pergantian kursi pelatih itu tak terlepas dari keputusan Meldi yang menolak perpanjangan kontrak membesut The Saints, julukan Satya Wacana Saints Salatiga.

“Saya ingin mencoba tantangan baru di luar. Semoga pondasi yang telah kami bangun, termasuk karakter tim dan karakter individu di lapangan tetap dipertahankan. Semoga nanti bersama coach yang baru teman-teman SWSS dapat memenuhi target,” ujar Meldi saat mengumumkan keputusannya dalam konferensi pers di mes pemain, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Jelang Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi  Mengaku Paranoid

Kiprah Meldi selama ini memang tidak bisa dilepaskan dari The Saints. Ia merupakan salah satu pelatih yang membangun The Saints sejak 14 tahun lalu. Bersama The Saints, Meldi juga pernah meraih prestasi sebagai Coach of the Year 2016.

Selain itu, ia juga membawa The Saints menempati peringkat 4 Piala Presiden dan beberapa kejuaraan nasional lainnya. Sementara itu, seusai melepas Meldi, Manajer The Saints, Yani Rahardja, mengumumkan head coach yang baru. Pelatih kepala yang ditunjuk menggantikan Meldi tak lain Jerry Lolowang.

Target Tim

Jerry merupakan mantan kapten tim SWSS pada musim 2010-2011. Pria asal Solo itu pun mengaku senang mendapat kepercayaan melatih tim basket yang pernah membesarkan namanya. “Saya bersyukur kepada Tuhan mendapatkan kesempatan bergabung kembali dengan Satya Wacana Saints Salatiga dalam peran yang berbeda. Untuk target, saya mengajak para pemain optimistis dapat tampil lebih baik musim depan,” ujar pelatih yang juga didapuk menangani tim bola basket Jateng di PON Papua itu.

Baca Juga: IBL Tambah Jadi 16 Tim, Ada Klub Milik Artis Raffi Ahmad

Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, memberikan apresiasi atas usaha dan pengorbanan Meldi bersama SWSS selama ini. Ia juga menegaskan bahwa UKSW selalu menjadi rumah bagi coach Meldi.

“Terima kasih atas kebersamaan selama 14 tahun. Banyak tahun yang telah dilewati dan sangat besar kontribusi coach Meldi bagi tim ini. Semoga coach Meldi sukses melayani di tempat yang baru,” imbuhnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya