SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Robin van Persie and Clint Dempsey (Ist/google image)

Robin van Persie and Clint Dempsey (Ist/google image)

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Solopos.com, LONDON— Manchester United sempat mengalami inkonsistensi di Liga Premier musim ini. Namun Wayne Rooney dkk. mengantongi modal yang lebih dari cukup sebelum melawat ke markas Tottenham Hotspur di Stadion White Hart Lane, London, Minggu (1/12/2013) malam WIB.

Tim binaan David Moyes menampilkan permainan terbaiknya di musim ini ketika membantai Bayer Leverkusen dengan skor 5-0 pada lanjutan penyisihan Grup A Liga Champions di Bay Arena, medio pekan ini. Rooney dan Antonio Valencia tampil garang. Winger gaek Ryan Giggs yang genap berusia 40 tahun, Jumat (29/11), menjelajah lapangan tanpa lelah dan memberikan kontribusi maksimal bagi Setan Merah, julukan United.

Kemenangan telak di markas Leverkusen tersebut seolah menjadi sinyal United untuk bangkit di liga domestik. Tottenham memang bukan lawan sembarangan. Tapi Setan Merah memiliki rekor pertemuan yang apik ketika melawan tim berjuluk The Lilywhites tersebut.

Ya, Setan Merah mencatatkan rekor 29 kali menang dan sembilan kali imbang dalam 42 pertemuan sepanjang sejarah melawan Tottenham. Tim yang bercokol di Old Trafford itu hanya empat kali kalah. United pun tak pernah takluk di White Hart Lane, sejak 2001.

Sebaliknya, Spurs sedang dalam kondisi sangat tertekan setelah takluk 0-6 di markas Manchester City, di Liga Premier, akhir pekan lalu. Itu menjadi kekalahan terbesar Spurs sejak dikandaskan Newcastle United dengan skor sama pada Desember 1996.

Isu pemecatan Villas-Boas dari kursi pelatih Spurs sontak bergulir ramai di media. Namun, mantan pelatih Chelsea itu beruntung karena rumor itu bisa sedikit meredam setelah Tottenham menang 2-0 atas Tromso untuk lolos ke fase knock out Liga Europa, Jumat dini hari WIB.

Moyes tak mau sesumbar. Dirinya tetap meminta anak buahnya untuk waspada ketika bertandang ke White Hart Lane, meski timnya mungkin akan diunggulkan memetik tiga poin di duel krusial ini.
“Kami tahu itu, bukan masalah apakah Anda bermain dengan Tottenham, itu selalu akan selalu menjadi pertandingan berat,” beber Moyes, dilansir Sky Sports, Sabtu (30/11).

Apabila para penggawa United mulai menemukan kembali bentuk permainan terbaik mereka, kontribusi pemain Tottenham masih menjadi sorotan tajam. Setelah menjual Gareth Bale ke Real Madrid, The Lilywhites menggelontorkan 107 juta poundsterling atau sekitar Rp2 triliun untuk belanja tujuh pemain baru. Namun kenyataannya, sejauh ini dua pemain termahal mereka, Roberto Soldado dan Erik Lamela, belum bisa memuaskan pendukung Spurs.

Meski menjadi tim yang paling sering menggelontorkan tembakan dengan 219 shot, Spurs baru menggelontorkan sembilan gol dalam 12 laga di Liga Premier. Statistik itu seperti lelucon karena jumlah gol Tottenham tersebut menyamai koleksi pribadi pemain Liverpool, Luis Suarez, dalam tujuh laga!

Sedikit hal yang membuat bangga Villas-Boas yakni barisan pertahanan. Sayangnya kokohnya tembok pertahanan Tottenham mulai runtuh setelah kebobolan enam gol tanpa balas oleh City. Namun, kemenangan atas Tromso rupanya benar-benar telah mengembalikan kepercayaan diri Andros Townsend dkk. sebelum berjumpa United.

“Tentu, lawan kami di Minggu ini sangat besar,” jelas Villas-Boas, dikutip express.co.uk.
Tuan rumah akan kehilangan Emmanuel Adebayor yang mengalami cedera pangkal paha.
Selain itu, The Lilywhites tidak akan diperkuat striker Harry Kane, defender Danny Rose dan gelandang Christian Eriksen, yang masih belum pulih dari cedera mereka masing-masing.
Sedangkan United masih tidak akan menurunkan Michael Carrick yang dibebat cedera achilles. Di sisi lain Moyes berharap bisa striker andalannya, Robin van Persie dan Nemanja Vidic, setelah keduanya mulai membaik pascacedera. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)
 
Perkiraan Formasi
Tottenham Hotspur (4-2-3-1) Pelatih Andre Villas-Boas
Lloris; Walker, Dawson, Chiriches, Vertonghen; Sandro, Paulinho; Holtby, Lennon, Townsend; Soldado
Cadangan: Friedel, Naughton, Fryers, Dembele, Capoue, Chadli, Sigurdsson, Fryers, Chadli, Lamela, Sigurdsson, Coulthirst, Archer, Fredericks, McEvoy
Absen/Diragukan: Kane, Rose, Eriksen
 
Manchester United (4-2-3-1) Pelatih David Moyes
De Gea; Smalling, Vidic, Evans, Evra; Jones, Fellaini; Valencia, Kagawa, Nani; Rooney
Cadangan: Ferdinand, Giggs, Buttner, Young, Anderson, Lindegaard, Hernandez, Welbeck, Cleverley
Absen/Diragukan: Carrick, Fletcher
 
Lima Pertemuan Terakhir
20/01/2013      Liga Premier     Tottenham Hotspur       1 – 1    Manchester United
29/09/2012      Liga Premier     Manchester United       2 – 3    Tottenham Hotspur
04/03/2012      Liga Premier     Tottenham Hotspur       1 – 3    Manchester United
23/08/2011      Liga Premier     Manchester United       3 – 0    Tottenham Hotspur      
16/01/2011      Liga Premier     Tottenham Hotspur       0 – 0    Manchester United

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya